Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pola Makan yang Bantu Bakar Lemak di Usia 60-an

Kompas.com - 09/10/2023, 10:58 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menemukan cara yang sehat dan bisa berjalan jangka panjang untuk menurunkan berat badan bisa jadi sulit di segala usia.

Dengan diet dan cara-cara cepat yang sedang tren, kita mungkin mulai merasa bahwa itulah satu-satunya pilihan yang terbaik untuk membakar lemak di dalam tubuh kita.

Terlebih, bagi orang-orang yang sudah berusia 60 tahun, ada perubahan yang dapat memengaruhi penurunan berat badan seperti metabolisme dan perubahan gaya hidup.

Untuk itu, para ahli diet pun membagikan saran mereka tentang kebiasaan makan sederhana yang dapat membantu membakar lemak dengan efektif di usia 60-an sebagai berikut.

Baca juga: Waktu Olahraga yang Paling Efektif Bakar Lemak

1. Lebih sering makan

Anggapan bahwa mengurangi makan adalah kunci untuk menurunkan berat badan tidak selalu benar.

Faktanya, mendapatkan kalori yang cukup menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia, terlepas dari tujuan penurunan berat badan kita.

"Sering makan sebenarnya adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan lemak," kata ahli diet dan penulis buku The Sports Nutrition Playbook, Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD.

"Bayangkan metabolisme kita seperti api. Untuk membuat api berkobar, kita harus menyalakannya. Kemudian, untuk menjaganya tetap menyala, kita menambahkan sedikit kayu bakar setiap beberapa jam," terangnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk metabolisme, kita harus memulainya dengan sarapan, lalu menjaganya tetap menyala dengan makan dalam porsi kecil dan sering setiap beberapa jam.

"Makan lebih sering akan membantu mengatur rasa lapar dan kenyang, yang pada akhirnya membantu kita mengatur ukuran porsi dan jumlah kalori yang kita konsumsi," tambahnya.

Baca juga: Pemanis Buatan dalam Makanan dan Efek Buruknya pada Metabolisme Tubuh

Ilustrasi makanan tinggi protein.iStockPhoto/fcafotodigital Ilustrasi makanan tinggi protein.

2. Mengonsumsi protein yang cukup

Protein adalah salah satu nutrisi terpenting untuk menurunkan berat badan yang sehat setelah usia 60 tahun, jadi mendapatkan cukup protein setiap hari dapat membantu kita mencapai tujuan.

"Protein membantu memperlambat pencernaan, sehingga membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama," kata Goodson.

Untuk menghilangkan lemak perut, atau lemak dalam bentuk apa pun, harus ada defisit kalori dari yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com