Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Mimpi Melihat Tikus Menurut Pakar, Bisa Jadi Pertanda Buruk?

Kompas.com - 26/10/2023, 11:23 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Bustle

KOMPAS.com - Dalam kehidupan nyata, hewan pengerat seperti tikus cenderung ditakuti banyak orang.

Mereka sering menjadi momok menakutkan karena  dianggap sebagai hama dan hewan yang kotor, jorok hingga pembawa banyak penyakit.

Namun, bagaimana jika tikus itu masuk ke dalam mimpi kita? Adakah makna yang tersirat saat kita melihat tikus di dalam mimpi?

Baca juga: 5 Tanaman di Halaman yang Bisa Mengundang Tikus Masuk Rumah 

Arti mimpi melihat tikus

Arti mimpi melihat tikus sebenarnya menyimpan banyak makna dan itu semua tergantung pada preferensi pribadi kita terhadap tikus.

Tikus memiliki banyak konotasi budaya yang berbeda di seluruh dunia. Salah satu contohnya dalam budaya Tiongkok, tikus putih dianggap sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan.

Tetapi secara umum, pakar mimpi bersertifikat dari IASD (International Association for the Study of Dreams) yang berbasis di Amerika Serikat, Lauri Quinn Loewenberg mengatakan, mimpi tentang tikus sering diasosiasikan sebagai teka-teki yang muncul di alam bawah sadar.

Menurutnya, arti mimpi melihat tikus dapat diartikan berdasarkan budaya atau mitos yang diyakini hingga seperti apa tingkah laku tikus yang muncul di dalam mimpi kita.

Tanda kita terjebak dalam situasi

Lowenberg menyarankan agar kita mengingat-ingat pengalaman pribadi belakangan ini, kemudian diasosiasikan dengan pengalaman mimpi tentang tikus.

"Apakah baru-baru ini kita memiliki seseorang yang ditakuti atau mengecam kita?"

"Apakah Anda atau seseorang di sekitar berperilaku seperti 'tikus yang kotor'?

Jika hal-hal itu belakangan ini kita alami, mungkin makna tikus yang masuk ke dalam mimpi kita melambangkan kalau situasi kita saat ini sedang dimanipulasi orang di sekitar kita, atau seolah-olah kita sedang terjebak dalam situasi tertentu seperti tikus dalam labirin.

Khawatir akan kesehatan

Di samping itu, ada pula preferensi lain tentang arti mimpi melihat tikus, terutama jika kita sedang mempelajari sesuatu, misalnya memasak.

Dalam hal ini, tikus memiliki reputasi yang buruk sebagai pembawa penyakit. Jika tikus itu muncul dalam mimpi kita, bisa jadi itu merupakan pertanda kita sedang khawatir dengan kondisi kesehatan.

"Tikus bisa melambangkan ketakutan kita. Pengalaman pribadi dapat berperan dalam menentukan mengapa tikus menjadi bagian dari mimpi kita," jelasnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Cengkeh untuk Mengusir Tikus 

Ilustrasi tikus di dapur. SHUTTERSTOCK/IGOR NORMANN Ilustrasi tikus di dapur.

Tingkah laku tikus dalam mimpi mengungkap banyak makna

Jika dua hal di atas dirasakan belum sesuai dengan pengalaman pribadi, Loewenberg merekomendasikan untuk melihat perilaku tikus di dalam mimpi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com