Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Dilakukan Saat Kesulitan Mencari Kerja

Kompas.com - 23/11/2023, 07:34 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber indeed

KOMPAS.com - Mencari kerja bisa menjadi pengalaman yang menantang. Bahkan, ada kalanya kita merasa kesulitan karena tak kunjung mendapat pekerjaan.

Saat menghadapi kesulitan mencari kerja, penting untuk merenungkan bagaimana caranya memperbaiki strategi pencarian kerja yang kita lakukan.

Menemukan pekerjaan yang sesuai mungkin memerlukan sedikit kreativitas dalam mengubah cara dan lokasi pencarian, serta bagaimana kita menunjukkan keahlian yang kita miliki.

Saat sedang mengalami kesulitan mencari pekerjaan, pikirkan perubahan apa yang dapat kamu lakukan guna meningkatkan hasil pencarianmu.

Berikut hal-hal yang kamu harus lakukan saat kesulitan mencari kerja.

Riset sebelum mengisi lamaran

Mungkin kamu merasa tergoda untuk segera mengirimkan lamaran begitu menemukan posisi yang ideal. Namun, menunggu sejenak hingga kamu lebih memahami budaya dan pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan dapat memberikan keuntungan dalam persaingan kerja.

Sisihkan waktu untuk melakukan riset mendalam tentang perusahaan tersebut agar kamu memiliki gambaran yang jelas tentang kriteria yang mereka cari.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi ini, seperti mengikuti perusahaan di media sosial atau menggunakan produk atau layanan mereka. Hal ini akan membantumu memahami budaya dan visi perusahaan.

Sesuaikan sudut pandang atau solusi unik yang kamu tawarkan dengan nilai-nilai perusahaan, dan sertakan ide-ide tersebut dalam lamaran kerjamu.

Baca juga: 9 Tips Menemukan Motivasi untuk Mencari Kerja

Contohnya, jika perusahaan yang kamu lamar memiliki lingkungan kerja yang santai dan suka berkolaborasi dengan karyawan untuk mendapatkan umpan balik dan ide, fokuskan pada keterampilan kerja sama tim, komunikasi, dan motivasi dalam lamaran kerjamu.

Hal ini akan memperkuat kesesuaian antara kualifikasi kamu dan tujuan perusahaan.

Perbaiki resume 

Langkah kunci untuk mendapatkan pekerjaan adalah memperbarui resume sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki.

Periksa pekerjaan kamu sebelumnya, keterampilan, dan pendidikan untuk menyesuaikan resume kamu dengan posisi yang kamu lamar.

Teliti kebutuhan perusahaan dan pahami deskripsi pekerjaan untuk menyesuaikan resume agar mencerminkan apa yang dicari oleh perusahaan.

Fokuskan pada keterampilan yang relevan untuk memperlihatkan kesesuaian dengan pekerjaan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com