Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kol hingga Terong, Ini 8 Sayuran Rendah Karbo dan Tinggi Serat

Kompas.com - 28/11/2023, 17:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa seseorang mengikuti diet rendah karbohidrat, entah itu terkait dengan kontrol gula darah, upaya penurunan berat badan, atau pengelolaan kondisi metabolisme lainnya.

Memenuhi kebutuhan asupan sayuran mungkin akan menjadi lebih sulit bagi mereka yang sedang memantau asupan karbohidrat, karena beberapa sayuran yang sering kita santap masih mengandung karbohidrat yang tinggi.

Padahal, sebagian besar orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran antara dua hingga empat cangkir setiap hari.

Jika kita adalah salah satu yang menerapkan diet rendah karbo jangan khawatir, karena kita bisa memilih sayuran rendah karbohidrat dan juga tinggi serat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: 10 Makanan Rendah Karbohidrat yang Sangat Bergizi

Sayuran rendah karbohidrat dan tinggi serat

Dikutip dari laman Health, berikut adalah daftar sayuran rendah karbohidrat dan tinggi serat yang bisa kita tambahkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

1. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang populer dalam diet rendah karbohidrat. Kembang kol termasuk ke dalam sayuran cruciferous yang rendah kalori dan karbohidrat, namun tinggi serat, vitamin, serta mineral.

Kembang kol juga dapat digunakan sebagai pengganti biji-bijian rendah karbohidrat.

Satu cangkir kembang kol menyediakan 27 kalori, 5 gram (g) karbohidrat, dan 2 g serat. Selain itu, kembang kol juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dengan 51 miligram (mg) atau 45 persen dari nilai harian per cangkir.

Baca juga: Beda Manfaat Serat Larut dan Tidak Larut

Ilustrasi berkebun sayuran.Shutterstock/AHatmaker Ilustrasi berkebun sayuran.

2. Brokoli

Brokoli, jenis sayuran cruciferous lainnya, mengandung banyak nutrisi penting meskipun rendah karbohidrat.

Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 30 kalori dan 5 g karbohidrat. Setiap porsi juga menyediakan sekitar 2 g serat dan dosis vitamin dan mineral penting, seperti folat, kalium, dan vitamin C.

3. Asparagus

Meskipun asparagus biasanya disajikan dengan cara dikukus atau dipanggang, asparagus mentah dapat menambah kerenyahan pada makanan dingin seperti salad atau sushi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com