Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sayuran Rendah Karbohidrat Terbaik, Rekomendasi Ahli Diet

Kompas.com - 19/09/2023, 19:40 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karbohidrat adalah nutrisi penting dan sumber energi utama bagi tubuh.

Jika kita mengurangi karbohidrat dalam asupan sehari-hari, biasanya itu juga akan mengurangi tingkat energi dan menyebabkan efek samping kurang nyaman seperti sembelit, pusing, hingga sakit kepala.

Namun, orang dengan kondisi tertentu, seperti diabetes, resistensi insulin, dan sindrom metabolik, perlu berhati-hati dengan asupan karbohidrat mereka.

Orang-orang dengan kondisi ini bukannya tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali, melainkan perlu fokus pada jenis dan jumlah karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal ini berguna membantu mengelola kadar gula darah untuk mencegah terjadinya lonjakan, yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Jangan Dimusuhi, Karbohidrat Jenis Ini Dibutuhkan Tubuh

Sayuran rendah karbohidrat

Selain biji-bijian, karbohidrat juga dapat ditemukan dalam berbagai kelompok makanan, seperti produk susu, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

Bahkan, beberapa jenis sayuran ternyata memiliki kandungan karbohidrat rendah yang cocok apabila dikonsumsi orang-orang yang memiliki diabetes.

Nah, dikutip dari laman Eating Well, para ahli diet pun membagikan sejumlah sayuran rendah karbohidrat yang bermanfaat bagi penderita penyakit kronis sebagai berikut.

1. Bayam

Kandungan serat dalam bayam membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah dengan cepat. Bayam juga tinggi nutrisi.

"Bayam kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan beberapa vitamin. Bayam juga merupakan sumber folat, serat, dan antioksidan yang baik," kata seorang ahli diet di Top Nutrition Coaching, Crystal Scott, MS, RDN.

Baca juga: 5 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol Jahat Sekaligus Menyehatkan Jantung

Sebuah studi tahun 2023 yang diterbitkan di Molecules menemukan, antioksidan dalam bayam yang disebut asam alfa-lipoat mengurangi gejala penyakit yang berhubungan dengan metabolisme dan neuropati diabetes.

Kita dapat menambahkan bayam dalam omelet, sup, dan salad, atau membuatnya menjadi sayur bening yang segar.

2. Kale

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com