Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kesalahan Menggunakan Bawang Putih untuk Memasak

Kompas.com - 05/12/2023, 20:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk membuat berbagai resep hidangan karena aroma dan cita rasanya yang luar biasa.

Namun, menggunakan bawang putih untuk memasak tidaklah sesederhana yang kita bayangkan.

Tergantung pada kesalahan yang kita lakukan, kita bisa saja mengubah rasa masakan yang seharusnya, atau menghilangkan beberapa manfaat kesehatan bawang putihnya.

Kesalahan menggunakan bawang putih untuk memasak

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, simak beberapa kesalahan menggunakan bawang putih saat memasak, seperti yang dilansir dari laman The Daily Meal berikut ini.

1. Tidak tahu cara memilih bawang putih terbaik

Jika kita sedang berada di toko bahan makanan atau pasar untuk membeli bawang putih, penting untuk mengetahui cara mengidentifikasi bawang putih segar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil salah satu umbi dan meremasnya dengan lembut.

Jika kita merasa bawang putih terlalu banyak mengeluarkan cairan, atau beberapa siung terasa berlubang atau terlalu kering, taruhlah siung tersebut.

Keduanya merupakan tanda bahwa bawang putih sudah tidak segar. Demikian pula, siung yang mulai bertunas juga harus dihindari karena kemungkinan besar siung tersebut sudah terlalu tua.

Sebaliknya, umbi bawang putih segar seharusnya terasa agak keras. Pilihan ideal adalah mencari bawang putih yang ditanam secara lokal. Bawang putih ini tidak akan menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke toko bahan makanan, yang berarti kemungkinan besar masih segar.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Bawang Putih untuk Meningkatkan Kesehatan

2. Tidak tahu cara terbaik untuk mengupas bawang putih

Jika kita akan memasak dengan bawang putih, maka kita harus tahu cara mengupasnya terlebih dulu.

Untungnya, mengupas bawang putih tidaklah terlalu sulit, selama kita tahu apa yang harus dilakukan.

Kita tidak perlu menggunakan jari atau pisau dan kita tidak akan berbau seperti bawang putih. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk mengupas bawang putih hampir tidak mengharuskan kita menyentuh siungnya sama sekali.

Mulailah dengan menekan telapak tangan ke bawah pada bagian tengah siung bawang putih. Hal ini akan menyebabkan siung terpisah dengan mudah.

Kemudian, letakkan siung dalam mangkuk besar atau stoples besar, harus ada banyak ruang ekstra. Tutup mangkuk dengan piring atau tutup stoples.

Gunakan tangan untuk mengocoknya selama sekitar 30 detik. Pastikan kita mengocoknya dengan kuat, atau cara ini tidak akan berhasil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com