Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Check Up Kesehatan Usai Liburan, Ini Alasannya

Kompas.com - 04/01/2024, 06:06 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Setelah puas liburan panjang akhir tahun, salah satu hal yang tidak boleh lupa dilakukan ketika kembali ke rutinitas adalah cek kesehatan dan evaluasi berat badan.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Universitas Indonesia, dr. Luciana Sutanto MS Sp.GK, pemeriksaannya bisa meliputi gula darah, berat badan, atau lingkar pinggang.

Baca juga: Anak Alami Post Holiday Blues Setelah Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini

"Pemeriksaannya gimana sih kadar lemak darah kita, gula darah kita, dan hal lain yang terkait, misalnya ditimbang berat badannya atau lingkar pinggangnya diukur besar enggak. Kalau membesarnya sudah melewati berat badan sehat atau asalnya sudah gemuk perhatikan naik berapa kilogram kemarin," jelas Luciana, dikutip dari Antara, Rabu (3/1/2024).

Ia menambahkan, berat badan yang meningkat kerap diikuti dengan kolesterol yang meningkat akibat pola konsumsi makanan yang berlebihan saat liburan. 

Saat liburan, aktivitas fisik bisa tertunda, ditambah konsumsi makanan yang berlebihan. Hal tersebut bisa menyebabkan peningkatan lebar perut.

Baca juga:

Ilustrasi jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat.iStockPhoto/YelenaYemchuk Ilustrasi jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat.

Oleh sebab itu, penting untuk memantau dan mengevaluasi kenaikan berat badan dan biasakanlah cek kesehatan, baik mandiri maupun lewat pemeriksaan laboratorium.

"Kalau berat badan meningkat tapi kita olahraga lingkar perutnya enggak naik, beratnya naik jadi otot, kalau liburannya outbound bisa ototnya naik, tapi kan kita naik mobil, duduk, ngobrol, jadinya penumpukan lemak," jelas Luciana.

Baca juga:

Kembali konsumsi buah dan sayur

 Ia juga menganjurkan masyarakat yang sehabis liburan untuk kembali mengonsumsi makanan sehat nan bergizi, antara lain yang mengandung karbohidrat, sayur, lauk pauk, dan buah. Porsinya jangan terlalu banyak.

Konsumsi makanan sehat nan bergizi bertujuan agar tubuh pulih kembali dan tetap sehat, sehabis liburan. 

Tidak hanya itu, bila merasa kurang istirahat dan makan tidak teratur, Luciana menyarankan untuk beristirahat cukup dan mengobati penyakit maag dengan model diet yang sesuai. 

Baca juga: 4 Cara Sederhana Diet Menurunkan Berat Badan Jelang Pernikahan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com