Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Kompas.com - 17/01/2024, 18:43 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kulit berminyak umumnya disertai dengan sejumlah masalah kulit, mulai dari pori-pori besar hingga jerawat. Untuk itu, selain perawatan wajah dari luar, kamu juga sebaiknya memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Ahli gizi dari Australia, Zoe Dent mengatakan, kesehatan usus dan hormon yang tidak seimbang bisa memengaruhi kondisi kulit.

Baca juga: 5 Makanan yang Bikin Kulit Tambah Berminyak

"Meskipun makanan tertentu tidak secara langsung menyebabkan kulit berminyak, tapi ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk, sistem kekebalan tubuh, dan penyerapan nutrisi dari usus memengaruhi kesehatan kulit," terang Dent, dikutip dari Vogue Australia, Rabu (17/1/2024).

Adapun ketidakseimbangan tersebut disebabkan konsumsi gula berlebihan, serta kekurangan omega-3, probiotik, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan protein. 

"Makanan tinggi gula seperti minuman ringan, permen, dan makanan yang diproses, termasuk makanan cepat saji yang dibawa pulang (burger, kentang goreng, piza), adalah makanan yang harus dihindari," jelasnya.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi pemilik kulit berminyak? Jika kamu gemar makan buah, berikut beberapa yang bisa dicoba:

Rekomendasi buah untuk kulit berminyak

1. Pisang

Ilustrasi buah pisang. Buah pisang salah satu makanan yang banyak mengandung asam folat yang baik untuk mencegah stuntingUnsplash Ilustrasi buah pisang. Buah pisang salah satu makanan yang banyak mengandung asam folat yang baik untuk mencegah stunting

Pisang termasuk buah yang baik untuk pemilik kulit berminyak. Buah ini mengandung fosfat, kalium, dan vitamin E untuk membantu menyehatkan kulit. 

Dilansir dari NDTV Food, pisang juga tergolong agen detoksifikasi yang baik. Kandungan yang ada membantu mengatur pori-pori, sekaligus mencegah kotoran masuk ke dalam kulit yang bisa menyebabkan penumpukan minyak. 

Baca juga:

2. Jeruk bali

Ilustrasi jeruk bali. PIXABAY/DEAN MORIARTY Ilustrasi jeruk bali.

Grapefruit atau jeruk bali mengandung vitamin C. Zat rersebut membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Selain itu, buah yang biasanya berkulit tebal bak jeruk raksasa ini juga kaya akan air.

Baca juga: 8 Langkah Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com