Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan, Ada Jus Buah

Kompas.com - 18/01/2024, 12:12 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa jenis minuman dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan karena seringkali mengandung gula tambahan dan kurang bernutrisi.

Tidak seperti makanan padat, minuman mungkin tidak memicu rasa kenyang yang sama, sehingga menyebabkan peningkatan asupan kalori secara keseluruhan sepanjang hari.

Selain itu, minuman manis juga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang mendorong tubuh untuk menyimpan kelebihan gula sebagai lemak.

Baca juga: 8 Minuman yang Bisa Bantu Melancarkan BAB

Oleh sebab itu, memperhatikan kalori tersembunyi dalam minuman sangat penting bagi yang ingin menurunkan berat badan secara berkelanjutan, karena minuman yang tampaknya tidak berbahaya pun dapat menambah kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Daftar minuman terburuk untuk turunkan berat badan

Jika kita ingin menurunkan berat badan atau sekadar menjaga berat badan di angka yang ideal, perhatikan beberapa pilihan minuman sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari berikut ini.

1. Jus buah

Terlepas dari citranya yang sehat, banyak jus buah yang sebenarnya sarat dengan gula tambahan sehingga dapat menghambat upaya penurunan berat badan kita.

Para ahli diet memperingatkan agar tidak mengonsumsi minuman yang tampaknya sehat --apalagi dalam bentuk kemasan-- karena gula pekat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan asupan kalori.

"Banyak orang yang percaya bahwa jus buah adalah minuman yang sehat, meskipun dibuat dengan 100 persen buah," kata ahli diet dan olahraga dari Garage Gym Reviews, Destini Moody, RDN, CSSD, LD.

Jadi, meskipun jus buah mengandung lebih banyak nutrisi daripada minuman seperti soda, jus buah tidak memiliki serat dari buah utuh. Ini berarti jus tidak akan memberikan rasa kenyang seperti halnya makan buah, dan ini membuat kita mengonsumsi kalori lebih cepat.

2. Latte

Kopi hitam mungkin mengandung antioksidan dan memberikan manfaat lainnya, namun tidak sama halnya dengan kopi susu kekinian seperti frappuccino dan latte.

Menurut Moody, minuman seperti latte dapat mengandung susu, krim, gula tambahan, dan whipped cream.

"Meskipun minum secangkir kopi di pagi hari tidak masalah untuk menurunkan berat badan karena kopi hitam mengandung sedikit atau bahkan tanpa kalori, namun minum latte setiap hari dapat membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit," katanya.

Lain kali jika kita menginginkan kopi yang kaya rasa dan lembut, pertimbangkan untuk memilih kopi hitam yang lebih sederhana atau alternatif tanpa pemanis yang jauh lebih rendah kalori.

Baca juga: Agar Lemak Tak Menumpuk di Perut, Perhatikan Pilihan Minuman

3. Minuman beralkohol

Meskipun minuman beralkohol mungkin tidak terlalu manis, minuman ini juga berkontribusi signifikan terhadap kenaikan berat badan.

Hal ini karena setiap gram alkohol mengandung tujuh kalori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com