Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Thrifting di Pasar Baru untuk Pertama Kali

Kompas.com - 19/01/2024, 06:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Thrifting atau berburu barang bekas jadi alternatif jika ingin mendapat produk fesyen bermerek dengan harga lebih murah. Salah satu lokasinya di Pasar Baru.

Bertempat di lantai 4 Metro Atom Plaza, Jalan H. Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat, tempat ini menyediakan berbagai macam barang, seperti kaus, celana, jaket, hoodie, serta aksesori.

Baca juga: Apa Itu Thrifting? Gaya Hidup yang Masih Digemari Generasi Muda

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, Kamis (18/1/2024), beberapa kios tampak menjual barang thrifting dengan merek-merek ternama, sebut saja Adidas, Nike, Champion, dan Burberry.

Tetapi, karena bekas pakai, kualitasnya pun tidak sama seperti pakaian baru. Jika baru pertama kali thrifting, dianjurkan cermat dan teliti melihat barang.

Tips thrifting di Pasar Baru untuk pemula

Kompas.com merangkum beberapa tips yang perlu diperhatikan bila kamu pertama kali berburu barang bekas di Pasar Baru.

1. Datang lebih awal

Metro Atom di Pasar Baru buka dari Senin sampai Minggu, pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Jika ingin berburu pakaian bekas dengan waktu yang lebih panjang, datanglah lebih pagi.

Selain itu, saat hari sudah mulai siang, pengunjung yang datang biasanya lebih banyak sehingga kondisi pasar akan lebih ramai.

Baca juga: Perbedaan Thrifting dan Preloved, Serupa tapi Tak Sama

Bertepat di lantai 4 Metro Atom Plaza, Jalan H. Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat, tempat ini menyediakan berbagai macam barang thrifting seperti pakaian, kaos, celana, jaket, hoodie hingga aksesori.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Bertepat di lantai 4 Metro Atom Plaza, Jalan H. Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat, tempat ini menyediakan berbagai macam barang thrifting seperti pakaian, kaos, celana, jaket, hoodie hingga aksesori.

2. Bawa uang tunai secukupnya

Beberapa kios thrifting di Metro Atom di Pasar Baru sudah menerapkan transaksi cashless (non-tunai). Jadi kamu sebaiknya membawa uang tunai secukupnya.

Di samping itu, kisaran harga item thrifting juga terbilang miring. Misalnya, dengan uang Rp 100.000 kamu bisa mendapatkan sejumlah pakaian.

"Kalau di sini harganya beragam. Ada yang Rp 25.000 sampai Rp 100.000-an, tergantung kualitas bahan dan branded (bermerek) atau tidak," kata salah satu pedagang bernama Biyah kepada Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Item yang Sebaiknya Dipilih dan Dihindari Saat Thrifting

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com