Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2024, 19:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak hanya dikenal sebagai salah satu kawasan Pecinan terbesar di Jakarta, Glodok juga menjadi pilihan bagi warga keturunan Tionghoa untuk berburu pernak-pernik Imlek.

Ada banyak pernak-pernik yang ditawarkan. Mulai dari hiasan rumah, amplop untuk angpau, pakaian hingga makanan khas Imlek.

Baca juga:

Berlokasi di Jalan Pancoran, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, tempat ini terbilang strategis karena berada di pusat kota Jakarta, sehingga mudah dijangkau dengan berbagai sarana transportasi.

Namun, karena lokasinya yang luas dan ada banyak sekali kios yang menjual pernak-pernik, kamu mungkin akan merasa kebingungan jika baru pertama kali berkunjung ke sini.

Panduan beli pernak-pernik di Glodok

Lebih lanjut, Kompas.com merangkum beberapa panduan membeli pernak-pernik di Glodok sebagai berikut.

1. Masuk ke kawasan Glodok lewat gapura

Apapun bentuk sarana transportasi yang kamu gunakan, pastikan untuk masuk ke kawasan Glodok melalui gapura selamat datang.

Selain memudahkan untuk masuk ke Glodok, banyak pedagang yang sudah terlihat menjajakan pernak-pernik.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, Minggu (4/2/2024), sepanjang trotoar dari gapura hingga Jalan Pancoran di Glodok dipadati dengan para pedagang pernak pernik Imlek.

Baca juga: Belanja Pernak-pernik Imlek di Glodok, Berapa Harganya?

Masuk dari gapura juga mengurangi kemungkinan tersesat, karena ada banyak sekali gang kecil dan sempit jika kamu lewat dari arah belakang atau Asemka.

2. Fokus belanja di Jalan Pancoran atau Petak Sembilan

Suasana area pedagang kaki lima yang menjual pernak-pernik Imlek di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Suasana area pedagang kaki lima yang menjual pernak-pernik Imlek di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/2/2024).

Sebagian besar area di kawasan Glodok dipenuhi dengan para pedagang. Namun, menurut pantauan Kompas.com di lokasi, hanya beberapa titik yang tampak ramai menjual pernak-pernik, seperti di sepanjang trotoar di Jalan Pancoran atau di Petak Sembilan.

Jika kamu mencari hiasan rumah, amplop untuk angpau, dan juga lampion, maka kamu bisa memilih kios-kios yang berada di sekitar trotoar.

Baca juga: 5 Tips Belanja Pernak-pernik Imlek di Glodok, Jangan Ragu Tawar Harga

Tetapi jika mengincar pakaian dan makanan, sebaiknya kamu beralih ke Petak Sembilan yang menjual item yang lebih lengkap dan bervariasi.

3. Berkunjung ke Gedung Chandra

Bila menyusuri sepanjang Jalan Pancoran, maka kamu tidak asing dengan sebuah gedung tua, yakni Gedung Chandra.

Gedung yang berdampingan dengan Petak Enam ini juga menjual aneka pernak-pernik dan makanan khas Imlek.

Baca juga: Belanja Pernak-pernik Imlek di Glodok, Berapa Harganya?

Tapi, pastikan untuk bertanya harga dan bandingkan dengan yang dijual di kios-kios yang berada di luar supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com