Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2024, 22:51 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Acne patch atau pimple patch menjadi salah satu alternatif produk perawatan jerawat. Bentuknya berupa plester transparan maupun berwarna, yang ditempelkan pada jerawat.

Cara pakai yang praktis, membuat acne patch populer sebagai produk perawatan jerawat pada beberapa tahun terakhir. Namun, apakah acne patch efektif sembuhkan jerawat? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Healthline dan Everyday Health. 

Baca juga: Apa Itu Acne Patch? 

Apakah acne patch efektif sembuhkan jerawat?

Ilustrasi memakai acne patchShutterstock/Zigres Ilustrasi memakai acne patch

Disarikan dari Healthline dan Everyday Health, acne patch cukup efektif untuk menyembuhkan jerawat pada permukaan kulit yang tengah meradang. 

Debra Jaliman, Dokter Kulit yang berbasis di New York, AS, menjelaskan, acne patch pada umumnya terbuat dari bahan hidrokoloid, yakni bahan yang dapat menyerap cairan. Selain hidrokoloid, acne patch juga dilengkapi dengan obat jerawat tambahan seperti asam salisilat. 

Kemudian, acne patch bekerja dengan cara menyerap cairan dalam jerawat, baik nanah, komedo, maupun minyak berlebih. Jadi, acne patch dapat membantu mengeringkan jerawat pada permukaan kulit yang meradang. 

“Plester ini efektif karena menyerap cairan berlebih dan memiliki efek seperti vakum yang menghilangkan kotoran dan minyak, penyebab timbulnya jerawat,” kata Jaliman, yang juga Penulis Skin Rules dalam Everyday Health.

Baca juga: 5 Penyebab Jerawat di Tubuh dan Cara Menghilangkannya

Serupa, Dokter Kulit di San Francisco, Lavanya Krishnan, juga mengatakan bahwa acne patch terbuat dari hidrokoloid, yang dapat menyerap cairan. Jadi, cara kerja acne patch adalah menyerap cairan sehingga membantu mengeringkan jerawat. 

Patch hidrokoloid dapat menyerap cairan guna mengeringkan jerawat,” jelas Krishnan dalam Healthline.

Namun, Krishnan menuturkan bahwa acne patch hanya dapat membantu menyembuhkan jerawat di permukaan yang lebih mudah diobati, atau dikenal sebagai jerawat superfisial. 

Pada umumnya, jerawat superfisial berupa benjolan yang berisi nanah, komedo hitam, komedo putih, maupun minyak berlebih. Krishnan mengatakan, acne patch tidak efektif untuk jerawat pada bagian kulit yang lebih dalam, seperti jerawat kistik atau jerawat batu. 

“Kecil kemungkinan acne patch ini dapat menembus ke bagian (kulit) lebih dalam, yang dapat membantu mengatasi jerawat kistik,” kata Krishnan dalam Healthline

Oleh sebab itu, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai kondisi jerawat serta saran penyembuhan yang tepat. 

Baca juga: Masker Kopi untuk Jerawat, Apakah Ampuh?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com