Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2024, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang bertanya-tanya, apakah aroma parfum yang tepat digunakan di negara seperti Indonesia yang cenderung panas sepanjang tahun?

Memang ada aroma-aroma tertentu yang dianggap lebih pas digunakan di hari-hari panas karena akan memberi kesegaran dan keceriaan. Aroma ini lebih dipilih dibanding wewangian yang berat, yang biasanya dianggap cocok dipakai dalam cuaca dingin. 

"Orang biasanya memiliki wewangian berbeda untuk iklim yang panas. Saya suka wangi yang menyegarkan, seperti aroma pohon lemon, atau koktail di tepi kolam renang," kata Emelia O'Toole, pakar wewangian dan pembuat konten. 

“Biasanya cuaca panas adalah saat kita bersenang-senang dengan aroma yang lebih ringan dan segar, dan musim dingin adalah saat kita lebih memilih aroma yang lebih hangat, berat, dan lebih pedas.”

Baca juga: Selain Bunga, Ini 7 Aroma yang Membuat Bahagia

Aroma wewangian yang cocok untuk cuaca panas

Untuk iklim yang panas, banyak pilihan aroma menyegarkan, dari aroma bunga hingga jeruk. Menurut beberapa pakar wewangian, aroma-aroma berikut ini leih cocok dipakai saat cuaca panas.

1. Citrus

Dari jeruk, lemon, grapefruit, bergamot, dan banyak lagi, wewangian citrus semuanya memberikan aroma yang membangkitkan semangat. 

“Wewangian yang ringan dan ceria cenderung cocok pada siang hari yang panas karena menampilkan unsur-unsur seperti aroma jeruk lemon, jeruk, dan bergamot yang cerah dan memberi energi,” kata Joyce Barnes, chief operating officer di TOCCA. "Saya suka aroma yang lebih ceria agar memberi kesegaran."

Perpaduan wewangian untuk cuaca panas yang populer adalah aroma jeruk dan bunga. "Aroma cerah seperti mandarin, lemon, atau apel segar selalu menarik dan merupakan pasangan yang cocok dengan wangi bunga ringan seperti freesia putih, melati, atau neroli," jelas Barnes. 

Ilustrasi aroma citrus dan white flower Ilustrasi aroma citrus dan white flower

2. Kelapa

Aroma kelapa mungkin tidak terlalu populer di Indonesia, tetapi banyak orang di negara lain menyukainya karena mengingatkan pada suasana liburan di tepi pantai sepanjang hari.

Aroma wewangian kelapa yang manis dan lembut menangkap nuansa tropis, dan biasanya dipadukan dengan aoma bunga, menjadikannya nuansa feminin yang ringan.

Di hari-hari yang panas, parfum mungkin sulit bertahan lama. Barnes merekomendasikan untuk memasangkan parfum dengan lotion untuk menambah aroma pada kulit.

“Jika parfum memiliki losion yang wanginya serupa, saya sarankan untuk memakai keduanya bersamaan pada hari-hari kamu benar-benar ingin parfummu bertahan lama,” jelas Barnes.

Baca juga: 6 Aroma Parfum yang Memberi Kesan Klasik dan Dewasa

3. Melati

Aroma melati memberi energi, segar, dan membangkitkan semangat. Wangi bunga yang manis dan feminin ini dianggap cocok untuk cuaca panas.

“Saya menyukai aroma yang cukup segar untuk dipakai saat cuaca panas, dan saya cenderung menyukai wangi bunga putih krem ????seperti melati atau sedap malam,” kata Erin Banes, pembuat konten wewangian.

4. Gardenia atau kacapiring

Cuaca panas mengingatkan pada bunga-bunga segar yang bermekaran, jadi bawalah aroma bunga gardenia yang segar bersamamu. Wewangian Gardenia umumnya terdiri dari aroma yang kuat, feminin, dan manis. Jika kamu menyukai perasaan segar di hari panas, pilihlah parfum dengan aroma gardenia.

Ilustrasi aroma parfum floralUnsplash Ilustrasi aroma parfum floral

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com