Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Z Mencari Komitmen, Apa yang Diharapkan Perempuan Saat Kencan?

Kompas.com - 06/06/2024, 11:11 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru tentang hubungan, hampir semua orang – 91% pria dan 94% wanita – setuju bahwa berkencan menjadi semakin sulit dalam beberapa tahun terakhir.

Berita yang tidak mengejutkan ini dirilis oleh aplikasi kencan Tinder, yang mensurvei 8.000 pria dan wanita heteroseksual berusia 18 hingga 34 tahun, di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada.

Setelah bertahun-tahun budaya kencan kilat atau kencan semalam populer, kata para responden, saat ini makin banyak orang yang mencari komitmen.

Mayoritas lajang – 53% laki-laki dan 68% perempuan – mencari hubungan yang serius. Selain itu 78% laki-laki dan 84% perempuan mencari kemitraan yang setara dengan pasangan mereka.

Baca juga: Waspadai, 8 Red Flag di Profil Aplikasi Kencan

Tapi bagaimana menuju ke sana? Salah satu kunci mendapatkannya datang dari para wanita yang membagikan apa yang mereka cari, ketika berkencan dengan calon pasangannya.

Untuk membantu para pria yang bingung menunjukkan komitmennya, Tinder mengungkapkan tiga perilaku yang menunjukkan keseriusan), yang diharapkan wanita saat berkencan:

  • “Pastikan teman kencanmu sampai di rumah dengan selamat.” 59% perempuan menganggap perilaku ini menunjukkan kepedulian dan kesopanan (dibandingkan 38% laki-laki).
  • “Singkirkan ponselmu saat berduaan.” 55% wanita lebih memilih kencan tanpa gadget (dibandingkan 34% pria)
  • “Berikan pujian yang tulus.” 50% wanita memberikan penghargaan tinggi terhadap afirmasi yang tulus (dibandingkan 35% pria).

“Tentu saja, keterbukaan masih dihargai oleh berbagai usia dan jenis kelamin, namun seperti yang bisa kita lihat, niat dan tindakan tampaknya lebih unggul dibanding perilaku pura-pura sopan,” tulis laporan Tinder.

“Orang-orang modern ingin mengenal pasangannya lebih dalam, membicarakan isu-isu penting, mendiskusikan tujuan jangka panjang, dan terhubung dengan cara yang bermakna,” tulis kesimpulan dalam laporan tersebut.

“Mereka menginginkan koneksi lebih dari sebelumnya, dengan cara yang tidak terasa terburu-buru atau tidak jujur,” tambahnya.

Baca juga: 7 Hal yang Penting Dilakukan Setelah Kencan Pertama

Laporan ini muncul ketika banyak Gen Z meninggalkan aplikasi kencan dan memilih perjodohan model lama.

Keinginan lebih terhubung dengan romantisme kehidupan nyata terjadi ketika para lajang mengeluh kelelahan terhadap aplikasi kencan.

Tapi masalahnya bukan pada aplikasinya, kata Tinder — melainkan bagaimana kita menggunakannya.

Pakar Wawasan Hubungan Global Tinder, Paul Brunson, menyarankan agar mereka yang mencari cinta memulai dengan berfokus pada rasa hormat dan komunikasi — baik saat online maupun offline.

Berikut lima tips Tinder untuk berkencan dengan autentik, terhormat, dan jujur:

  • Perhatikan apakah pasangan menghormati orang lain: Dari saat hubungan dimulai hingga berkencan, amati bagaimana dia berinteraksi dan memperlakukan orang lain. Dari pesan yang dia kirim hingga cara mereka berinteraksi dengan ibu mereka, kita bisa melihat bagaimana si dia menerapkan rasa hormat.
  • Menjadi diri sendiri: Jaga agar tetap menjadi pribadi yang otentik sejak awal. Cari juga pasangan yang tidak berpura-pura menjadi orang lain. Dari profil kencan yang terverifikasi hingga foto, kita bisa mengetahui apakah seseorang menjadi dirinya sendiri atau tidak. Carilah apa yang membuat si dia unik.
  • Dua telinga, satu mulut: Mengembangkan koneksi berarti berbagi komunikasi. Sadarilah seberapa banyak dia mau mendengarkan dan apakah dia meluangkan waktu untuk mengenalmu, bukan mendominasi percakapan dan perhatian untuk dirinya sendiri.
  • Siapa dia sebenarnya: Untuk mendapatkan hubungan yang serius dan langgeng, kamu harus mengenal siapa dia sebenarnya. kamu bisa mencari ahu apa tujuan hidupnya, bagaimana ia mengatur keuangan hingga lingkaran pertemanannya. Apakah semua sudah sesuai dengan keinginanmu.
  • Naluri tidak pernah berbohong: Di atas segalanya, saat berkencan kita tidak bisa mengabaikan naluri. Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres, berhati-hatilah agar tidak sekedar dimanfaatkan. Tapi jika kamu merasa nyaman dengan seseorang, maka majulah dan terus nikmati perjalanan kencanmu.

Baca juga: Ingin Ketemu Jodoh Lewat Aplikasi Kencan? Simak 8 Tips Ini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com