Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Bantah Minimarket Bangkrutkan UKM

Kompas.com - 16/04/2010, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Sjarifuddin Hasan, membantah pendapat yang menyatakan bahwa minimarket menjadi penyebab dan biang keladi kebangkrutan UKM. "Tidak benar itu, minimarket juga ada bagusnya," kata Sjarifuddin Hasan, di Jakarta, Jumat (16/4/2010).

Menurut Menkop, minimarket ataupun pasar modern lain tidak akan berdampak buruk bagi pelaku UKM di sekitarnya apabila pemerintah daerah mematuhi aturan zonasi dan jarak lokasi keduanya.

Ia menambahkan, baik minimarket maupun warung tradisional pada dasarnya memiliki segmennya masing-masing. "Masing-masing punya segmen jadi tidak usah khawatir sepanjang pemda mematuhi aturan yang dibuat pemerintah pusat," katanya.

Pemerintah telah mengatur sedemikian rupa agar minimarket dan usaha kecil terbina tanpa saling mematikan satu sama lain.

Menkop justru berpendapat, hadirnya minimarket di suatu daerah akan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. "Adanya minimarket akan menyerap tenaga kerja dan merangsang pertumbuhan ekonomi lingkungan sekitarnya," katanya.

Pihaknya juga memiliki program pengembangan minimarket berbasis koperasi yakni Smescomart yang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com