Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Permainan Anak di Karawang

Kompas.com - 19/05/2011, 23:27 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com--Puluhan anak dari perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti Festival "Kaulinan Budak Lembur" atau permainan anak desa, di sekitar alun alun Karawang, Kamis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan kembali budaya permainan tradisional anak yang menandakan kebersamaan, kesetiaan, kejujuran dan kesederhanaan.

"Selain itu, juga bertujuan mengenalkan kembali kepada anak-anak mengenai budaya permainan anak dan adat istiadat yang berlaku di Tatar Sunda," kata Acep, di Karawang, Kamis.

Ia berharap kegiatan itu akan memberikan kontribusi yang positif bagi kepentingan anak-anak secara filosofi tentang berbagai permainan anak desa.

Di antara kegiatan yang dilombakan ialah permainan "Kelom Batok", "Gatrik", "Engkle", "Gangsing", "Bedil Jepret", "Rorodaan", "Prepet Jengkol", dan lain-lain. Permainan tradisional itu hemat energi, hemat biaya tanpa menggunakan listrik dan batre.

Peserta yang mengikuti festival itu merupakan perwakilan dari 30 kecamatan. Dibagi menjadi dua kategori, yakni permainan katangkasan dan permainan seni.

"Bagi peserta yang lolos seleksi nantinya akan diikutsertakan dalam lomba "Kaulinan Budak Lembur" tingkat Jawa Barat," kata Acep.

Bupati Karawang, Ade Swara, mengatakan, budaya tradisional merupakan ciri kepribadian bangsa yang dilestarikan.

Ia berharap kegiatan festival itu bisa melestarikan budaya daerah dengan segala aspeknya serta diharapkan mampu memotivasi sikap kepedulian masyarakat terhadap kebudayaan di Karawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com