Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Alami Atasi Kulit Kepala yang Kering

Kompas.com - 24/08/2011, 08:51 WIB

KOMPAS.com - Kulit kepala sering terasa gatal? Ini bisa dikarenakan kondisi area tersebut terlalu kering, akibat perubahan cuaca ataupun karena memang jenis kulit yang Anda miliki. Jika yang Anda lakukan selama ini hanya menggaruknya, coba hentikan segera. Sebab, ini tidak akan menyelesaikan masalah. Malahan, bisa menyebabkan serpihan kulit kering itu jadi rontok dan menempel di baju. Tentu ini akan membuat penampilan semakin tidak cantik, kan?

Untuk bisa mengembalikan kondisi kelembaban rambut, Marc Zollicoffer, seorang terapis spa, menyarankan untuk melakukan perawatan berupa pemijatan secara teratur. "Campurkan 10 tetes minyak esensial murni yang sifatnya melembabkan, seperti lavender atau sandalwood (cendana), dengan minyak sweet almond atau jojoba sebanyak 30 ml. Lalu, oleskan di kulit kepala dan pijatkan dengan perlahan. Untuk pemilik jenis kulit kepala yang sensitif, pijatlah dengan minyak jojoba saja," kata Zollicoffer.

Pijat kulit kepala Anda selama 5 menit, kemudian bilas di bawah air pancuran.

Sebagai perawatan dari dalam, Anda juga perlu memerhatikan pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. "Coba konsumsi suplemen seperti minyak ikan," kata Holly Lucille, ND, RN, dokter naturopati dari Healing From Within Health Care, Los Angeles. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Ritual yang Menyehatkan Kulit Kepala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com