Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Super Bikin Awet Muda

Kompas.com - 13/09/2011, 08:44 WIB

KOMPAS.com – Setiap orang pasti ingin terlihat selalu cantik, tampan dan awet muda. Tak heran jika banyak produsen kosmetik gencar menawarkan kehebatan produk mereka yang katanya mampu melawan tanda-tanda penuaan.

Menggunakan produk antipenuaan mungkin saja berhasil, tapi tentu harus disertai dengan modal yang kuat. Belum lagi risiko dan bahaya efek samping yang dapat ditimbulkan. Untuk yang lebih murah dan aman, ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan-makanan bergizi berikut ini, yang sudah terbukti manfaatnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan, menekan risiko penyakit serta proses penuaan lebih cepat.

1. Tomat

* Mencegah kanker : Tomat berbasis fitokimia dan karotenoid, seperti lycopene, yang memiliki efek anti kanker. Manfaatnya untuk kulit, buah tomat dapat mendorong perbaikan sel kulit yang terkena paparan sinar matahari. Disamping itu juga, dapat memberikan proteksi terhadap kanker kulit.

* Osteoporosis: Setidaknya dua penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi lycopene mengurangi risiko osteoporosis. Pada tahun 2009, sebuah penelitian AS menemukan, orang-orang yang makan lebih dari 4,4 porsi likopen seminggu risiko mengalami patah tulang secara signifikan lebih sedikit.

* Penyakit jantung: Para ilmuwan dari University of Adelaide mengatakan, bahwa makan setidaknya 25mg likopen sehari dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol hingga 10 persen.

Porsi : Satu cangkir tomat mentah dapat mengandung 3.46 mg hingga 21 mg likopen. Para ilmuwan mengatakan mengambil 500 ml jus tomat setiap harinya atau 50 g pasta tomat dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Cara meningkatkan manfaat : Makanlah tomat yang sudah dimasak. Pasalnya, kandungan lycopene dalam buah tomat akan meningkat sebesar 54 persen setelah dua menit dimasak dan 164 persen setelah setengah jam.

2. Apel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com