Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2018, 22:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Di masa muda, mungkin kita belum begitu memerhatikan masalah kesehatan. Kebanyakan remaja atau anak muda biasanya masih makan sembarangan dan tidak menjalani gaya hidup sehat.

Namun, begitu memasuki usia dewasa, kita lebih rentan terserang berbagai gangguan kesehatan karena proses penuaan.

Untuk mencegah berbagai penyakit atau masalah kesehatan di usia tua, kita bisa mulai menjalani gaya hidup dan pola makan yang seimbang.

Beberapa jenis bahan pangan tertentu memiliki khasiat anti-aging yang bisa membuat proses penuaan lebih sehat dan alami.

Apa saja yang terjadi saat proses penuaan?

Semakin bertambah usia, tubuh mengalami berbagai perubahan. Beberapa fungsi tubuh akan menurun, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran. Ini terjadi karena sel-sel tubuh melemah secara alami.

Sebagian orang akan mengalami penuaan lebih cepat dari yang lain. Hal ini ditentukan oleh faktor genetik dan gaya hidup.

Penuaan yang terjadi karena faktor gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, tidak menjaga pola makan, atau sering terpapar polusi dikenal sebagai penuaan dini.

Meskipun proses penuaan alami tidak bisa dihentikan atau dicegah, penuaan dini masih bisa dihindari dengan perubahan gaya hidup.

Alam telah menyediakan berbagai bahan pangan yang mampu merawat keremajaan tubuh. Sebaiknya kamu yang sudah menginjak usia 30-an mulai memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi demi proses penuaan sehat dan alami.

Simak berbagai jenis makanan anti-aging berikut ini.

1. Alpukat

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat
Buah yang lezat ini ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker.

Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput.

Baca juga : Buah Alpukat Dianggap Buah Super, Apa Saja Khasiatnya?

2. Delima merah (pomegranate)

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com