Kompas.com - 03/05/2018, 22:29 WIB
Ilustrasi makan semangka TverdohlibIlustrasi makan semangka
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di masa muda, mungkin kita belum begitu memerhatikan masalah kesehatan. Kebanyakan remaja atau anak muda biasanya masih makan sembarangan dan tidak menjalani gaya hidup sehat.

Namun, begitu memasuki usia dewasa, kita lebih rentan terserang berbagai gangguan kesehatan karena proses penuaan.

Untuk mencegah berbagai penyakit atau masalah kesehatan di usia tua, kita bisa mulai menjalani gaya hidup dan pola makan yang seimbang.

Beberapa jenis bahan pangan tertentu memiliki khasiat anti-aging yang bisa membuat proses penuaan lebih sehat dan alami.

Apa saja yang terjadi saat proses penuaan?

Semakin bertambah usia, tubuh mengalami berbagai perubahan. Beberapa fungsi tubuh akan menurun, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran. Ini terjadi karena sel-sel tubuh melemah secara alami.

Sebagian orang akan mengalami penuaan lebih cepat dari yang lain. Hal ini ditentukan oleh faktor genetik dan gaya hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penuaan yang terjadi karena faktor gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, tidak menjaga pola makan, atau sering terpapar polusi dikenal sebagai penuaan dini.

Meskipun proses penuaan alami tidak bisa dihentikan atau dicegah, penuaan dini masih bisa dihindari dengan perubahan gaya hidup.

Alam telah menyediakan berbagai bahan pangan yang mampu merawat keremajaan tubuh. Sebaiknya kamu yang sudah menginjak usia 30-an mulai memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi demi proses penuaan sehat dan alami.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.