4 Tips Mencegah Badan Pegal Linu Ketika Bangun Tidur

Kompas.com - 22/09/2018, 11:18 WIB
Ilustrasi bangun pagi ChoreographIlustrasi bangun pagi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua orang mendambakan bangun pagi dengan badan terasa bugar. Namun sayang, yang sering terjadi justru kebalikannya. Alih-alih bangun tidur dalam kondisi yang segar, kamu mungkin malah mengeluhkan pegal linu di sekujur tubuh.

Agar bisa lebih semangat memulai hari, yuk ikuti beberapa cara berikut ini untuk menghindari badan pegal saat bangun tidur.

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang tepat dapat menjauhkan kita dari keluhan badan pegal saat bangun tidur esok harinya. Jika terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, mulai hari ini cobalah untuk tidur miring ke sisi kiri atau telentang.

Tidur tengkurap dalam waktu lama akan menekan otot leher sehingga jadi terasa kaku atau sakit saat pagi.

Baca juga: Mari Mengenal Posisi Tidur yang Baik

2. Pilih bantal yang tepat

Bantal yang baik bisa membantu kita tidur lebih nyenyak tanpa keluhan “salah bantal” keesokan paginya.

Memakai bantal yang berbahan licin, misalnya, bisa membuat kepala mudah bergeser ke samping. Jadi, pilih bantal yang padat tapi tetap empuk supaya dapat mempertahankan posisi kepala dengan baik sepanjang malam.

Hindari juga memakai bantal yang terlalu tebal dan tinggi, yang bisa membuat otot leher kaku di pagi hari.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bantal Perlu Diganti Rutin

3. Atur kecepatan kipas angin atau temperatur AC

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X