Kompas.com - 09/01/2019, 13:12 WIB
Ilustrasi sakit punggung dan pinggang grinvaldsIlustrasi sakit punggung dan pinggang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Waktu kecil, orang tua kita sering mengingatkan untuk duduk dan berediri dengan tegak bukan? Hal tersebut sebaiknya kita lakukan, karena bisa jadi rasa pegal di leher dan bahumu adalah akibat postur yang tidak tepat.

Mengabaikan postur tubuh dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, selain menyebabkan ketegangan leher dan bahu, sakit punggung, bahkan kerusakan sendi. Kamu mungkin ingin mengabaikannya, tapi ingat, bila tidak diatasi, rasa sakit itu bisa menjadi lebih serius.

“Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan sakit dan nyeri. Jika tidak diperbaiki akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah,” kata Andrew Bang, DC, seorang terapis.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Sakit Pinggang

Bayangkan jika kamu melakukan latihan kaki di tempat kebugaran dalam lima hari berturut-turut. Kakimu mungkin terasa berat dan sakit. Hal tersebut serupa dengan duduk di depan meja sepanjang hari.

Duduk di depan meja dengan postur yang buruk akan memaksa otot leher dan punggung bekerja keras. Seiring berjalannya waktu, usaha tubuhuntuk menyembuhkan otot itu dapat memicu peradangan pada sendi.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Atur tata letak mejamu

Ilustrasi duduk sakit pinggangspukkato Ilustrasi duduk sakit pinggang
Ketika kamu bekerja, posisikan lengan dan tangan membentuk sudut 90 derajat. Letakkan layar monitormu sejajar dengan mata. Kebanyakan orang masih sedikit menunduk saat melihat monitor. Itu memberi beban pada leher.

Penelitian pada tahun 2014 mendapati apa yang disebut tech neck, masalah ketegangan otot yang terjadi akibat kita terus menerus menunduk untuk melihat monitor, ponsel, atau tablet.

Padahal bila kepala sejajar dengan bahu, beban yang disangga tubuh tidak terlalu besar. Sementara setiap kita maju atau menunduk satu inci, beban yang ditahan akan menjadi berlipat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X