5 Tips Memilih Dokter Anak

Kompas.com - 12/11/2019, 20:19 WIB
- shutterstock-

KOMPAS.com - Anak berusia 0-5 tahun sangat rentan mengalami gangguan kesehatan. Tidak heran, di usia itu, anak-anak cukup sering berobat ke dokter anak. Belum lagi imunisasi Si Kecil.

Karena intensitas mengunjungi dokter anak yang cukup tinggi, akan sangat penting bagi orangtua untuk memilih dokter anak yang cocok. Hal ini akan membantu kita saat terjadi masalah kesehatan kepada Si Kecil. Dokter sudah memahami riwayat kesehatan Si Kecil.

Tips Memilih Dokter Anak
Kita bisa mencoba mencari dokter anak bahkan sebelum Si Kecil lahir lho. Hal ini karena bayi harus diperiksa dalam 24 jam setelah melahirkan.

Jika kita tidak memilikinya, pihak rumah sakit akan menugaskan dokter mereka untuk Anda.
"Anda memiliki kesempatan untuk meminta dokter anak datang ke rumah sakit, memeriksa bayi Anda pertama kali, dan memulai perjalanan dengan Anda dan bayi sejak awal," kata Donna-Marie McMahon, DO, asisten profesor pediatri di NYIT College of Osteopathic.

Masih bingung menentukan kriteria memilih dokter anak? Yuk simak tips memilih dokter anak di bawah ini!

1. Minta Rekomendasi Teman atau Keluarga
Dikutip dari Healthychildren.org, tips memilih dokter anak yang pertama adalah meminta rekomendasi dari teman atau keluarga. Kriteria memilih dokter anak biasanya akan kita dapatkan saat mengobrol dengan teman atau keluarga yang juga memiliki anak kecil.

Biasanya mereka memiliki dokter anak pribadi yang cocok sesuai dengan mereka. Anda bisa mulai membuat kriteria berdasarkan rekomendasi dari mereka.

Jangan lupa untuk melakukan riset kecil untuk mendapatkan informasi terperinci tentang setiap dokter yang ada dalam list.

Baca juga: Viral soal Anak Sakit Disebut karena Vaksin MR, Ini Penjelasannya

2. Lihat Background Ilmunya
Tips memilih dokter anak yang selanjutnya adalah melihat latar belakang pendidikannya. Hal ini harus ada di daftar teratas kriteria memilih dokter anak pilihan.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa dokter tersebut capable karena memiliki background yang sesuai dengan dunia medis dan anak serta selalu meng-update ilmunya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X