7 Menu Jus Rumahan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 31/03/2020, 15:37 WIB
Ilustrasi jus buah shutterstockIlustrasi jus buah

KOMPAS.com - Daya tahan tubuh adalah kemampuan untuk melawan segala bentuk infeksi dengan membentuk antibodi dan membuat sel darah putih peka untuk melawan infeksi dan menyembuhkan tubuh secara bersamaan.

Sistem kekebalan tubuh kita aktif selama 24 jam dan terus-menerus membagi sel-sel penting bagi tubuh dan membuang yang tidak lagi diperlukan.

Cara ini tidak hanya menjauhkan kita dari infeksi, tetapi juga memberikan daya tahan pada tubuh untuk tidak tertular penyakit.

Baca juga: 3 Jenis Bahan Makanan Penting Selama Isolasi di Rumah

Oleh karena itu, agar sistem ini terus berjalan penting bagi kita untuk memberi tubuh nutrisi penting dan vitamin secara teratur.

Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran kaya nutrisi dengan cara meminumnya dalam bentuk jus.

Berikut tujuh menu jus rumahan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jus tomat

Tomat kaya akan tiga jenis vitamin antioksidan seperti Vitamin C, E dan Beta Karoten. Ketiga vitamin ini mampu melindungi sel dari radikal bebas yang kerusakan daya tahan tubuh.

Segelas jus tomat dapat membantu kita menjaga daya tahan tubuh sekaligus memberikan banyak manfaat lainnya, seperti membersihkan kulit, darah dan usus.

2. Jus jeruk

Tubuh membutuhkan Vitamin C agar berbagai organnya berfungsi dengan baik. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, Vitamin C juga mampu meningkatkan kemampuan penyembuhan dan melawan infeksi secara efektif.

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan. Tak hanya menjaga kita dari infeksi virus, tetapi juga baik untuk jantung dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Jus Jeruk Kurangi Risiko Obesitas dan Menyehatkan Jantung

3. Jus bit dan wortel

Jus bit dan wortel kaya akan Vitamin A, C dan E, juga tinggi zat besi dan kalsium, sehingga baik untuk menghilangkan peradangan sebagai salah satu reaksi kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Menambahkan sedikit jahe dan kunyit ke dalam jus campuran bit dan wortel dapat menggandakan efeknya dan akan menambah lebih banyak manfaat obat untuk menghilangkan pilek dan batuk.

4. Jus semangka

Kaya akan vitamin A, C, magnesium, dan seng membuat semangka bekerja sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada cuaca panas, segelas jus semangka tidak hanya menyegarkan tetapi juga dapat menghilangkan segala bentuk nyeri otot yang biasa terjadi selama infeksi.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X