Microgreen, Sayuran Mini dengan Manfaat Maxi

Kompas.com - 31/08/2020, 20:26 WIB
Ilustrasi microgreen shutterstockIlustrasi microgreen
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu hobi yang banyak dilakukan orang selama masa pandemi virus Corona adalah bercocok tanam. Ada yang menanam dengan media tanah, ada yang memilih cara hidroponik.

Bila kamu juga ingin menanam sayuran sendiri tetapi terbatas lahan, mungkin kamu bisa memilih microgreen.

Sesuai namanya, microgreen adalah sayuran mini dengan tinggi hanya sekitar 2,5 hingga 7,5 cm. Sayuran mini ini memiliki rasa yang khas dan sarat nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang mengira microgreen adalah tunas atau kecambah, padahal keduanya berbeda. Kecambah tidak memiliki daun dan siklus tumbuhnya 2-7 hari. Sementara microgreen siap dipanen dalam 7-21 hari setelah bertunas atau setelah daun pertamanya muncul.

Microgreen lebih mirip dengan sayuran muda (baby greens) karena daun dan batangnya bisa dikonsumsi, namun ukurannya jauh lebih kecil.

Biasanya dijual sebelum masa panen sehingga kita bisa langsung mengonsumsi microgreen dalam keadaan segar begitu siap panen.

Kita juga bisa menanam sayuran mini ini di rumah. Microgreen sangat mudah ditanam di berbagai lokasi asalkan mendapat cukup sinar matahari. Perawatannya pun tergolong mudah dan lebih cepat untuk dipanen bila dibandingkan menanam sayur biasa.

Baca juga: Ini Sayuran yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Tanaman yang termasuk microgreen

Sebenarnya, kita dapat menanam microgreen dari berbagai jenis sayur dan rempah-rempah. Rasa sayurannya akan bergantung pada jenis tanaman yang dipilih. Beberapa microgreen yang cukup populer adalah:

  • Bayam
  • Kemangi
  • Peterseli
  • Wheatgrass atau rumput gandum
  • Kangkung
  • Arugula
  • Seledri
  • Daun ketumbar
  • Sawi

Kandungan nutrisi microgreen

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X