Kompas.com - 10/11/2020, 09:21 WIB
Ilustrasi jalan kaki PointImagesIlustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Rutin jalan kaki bisa dijadikan pilihan olahraga untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan mengubah bentuk tubuh.

Latihan ini jauh lebih ringan dibanding olahraga kardio lain yang memberi manfaat serupa. Namun, jalan kaki tidak semudah kelihatannya.

Ada target langkah yang harus dipenuhi agar jalan kaki memberikan manfaat kesehatan. Banyak orang percaya target langkah yang baik adalah 10.000 kaki per hari.

Akan tetapi, pelatih Libby Babet memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, target yang lebih baik adalah 12.000 langkah sehari.

Berjalan kaki 12.000 langkah per hari dikatakan dapat menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan. Babet mengungkapkan, target tersebut adalah kunci untuk mengubah bentuk tubuh.

“Target yang saya lihat untuk transformasi adalah lebih dari 12.000,” kata Babet dalam podcast Healthy-ish Alison Izzo, seperti dikutip Body and Soul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, 12.000 langkah adalah standar emasnya. Target ini jauh lebih efektif daripada memaksakan diri untuk latihan hingga mencapai "batas" di gym atau naik tangga.

Baca juga: Jalan Kaki 15 Menit Punya Segudang Manfaat

Babet mengatakan, banyak atlet yang sangat mahir untuk berolahraga sekian jam per minggu dan melakukan latihan yang benar-benar efektif serta hebat.

Namun, para atlet itu masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan dari segi bentuk tubuh maupun perasaan dan tingkat energinya.

Sebagai jawaban dari hal tersebut, Babet memberi saran, terutama kepada mereka yang melakukan latihan intensitas tinggi secara berlebihan, agar mengubah pola latihannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.