Kompas.com - 03/03/2021, 21:48 WIB
Ilustrasi Gerd. SHUTTERSTOCK/GBALLGIGGSPHOTOIlustrasi Gerd.

KOMPAS.com - Penderita Gastroesophageal reflux disease (Gerd) mungkin pernah merasakan terbangun di tengah malam karena asam lambungnya naik.

Kondisi ini bisa terjadi karena berbaring di permukaan yang datar secara gravitasi tidak memungkinkan makanan dan asam turun melalui kerongkongan ke sistem pencernaan.

Kondisi ini membuat asam menjadi tergenang di tempat dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Beberapa orang merasakan heartburn atau sensasi seperti terbakar di dada. Terkadang, penderita Gerd juga bisa merasakan seperti ada asam di pangkal leher.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Sakit Mag dan Gerd

Jika kondisi ini sering terjadi, kualitas tidur akan terganggu dan pada akhirnya juga memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan agar Gerd tak kambuh saat tidur di malam hari, di antaranya:

1. Beri jarak antara makan malam dan tidur
Menurut Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan gastroentero hepatologi, Dr dr Nella Suhuyanly SpPD-KGEH, beri jeda antara waktu makan malam dan tidur setidaknya dua hingga tiga jam.

Semakin berat jenis makanan yang dikonsumsi saat makan malam, misalnya mengonsumsi Nasi Padang, maka jarak antara waktu makan dan tidur juga harus lebih panjang, misalnya tiga hingga empat jam.

Baca juga: Harus Tahu, Aturan Porsi dan Waktu Makan untuk Penderita Gerd

2. Mengunyah makanan secara perlahan
Ketika makan, pastikan mengunyah makan secara perlahan dan sempurna, serta hindari makan terburu-buru.

Bahkan ketika makanan yang dikonsumsi sudah lembut, proses pengunyahan tetap dibutuhkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X