Kompas.com - 05/03/2021, 06:25 WIB
Ilustrasi diet dan bentuk tubuh halfbottleIlustrasi diet dan bentuk tubuh

KOMPAS.com - Kelebihan berat badan atau obesitas telah terbukti dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit hati, dan kanker tertentu.

Risikonya meningkat pada pria yang obesitas. Hal ini dikarenakan pria cenderung memiliki lebih banyak lemak visceral yakni lemak perut yang meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Oleh karenanya, demi terhindar dari penyakit, pria yang mengalami kelebihan berat badan perlu menurunkan bobot.

Baca juga: Hati-hati Bahaya Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketat

Salah satu caranya dengan melakukan diet. Namun caranya tidak boleh asal.

Penelitian menunjukkan, strategi penurunan berat badan paling efektif untuk pria melibatkan modifikasi pola makan, peningkatan aktivitas fisik, dan perubahan perilaku lainnya.

Berikut ini adalah 10 jenis diet sehat yang dapat membantu pria menurunkan berat badan dengan lebih efektif. 

1. Diet tinggi protein

Asupan protein yang meningkat terbukti membuat penurunan berat badan menjadi sehat. Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan.

Mengonsumsi protein dapat memberikan rasa puas. Selain itu, banyak penelitian yang mengungkapkan diet tinggi protein tinggi lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Diet tinggi protein juga terbukti dapat mempertahankan massa otot selama program penurunan berat badan.

Tak hanya itu, pria yang mengikuti diet tinggi protein tinggi cenderung mempertahankan berat badan yang sehat dari waktu ke waktu.

Baca juga: Demi Sehat, Pahami Pentingnya Bergerak dan Asupan Protein

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X