Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Gagal Diet? Coba 9 Tips Berikut agar Berhasil

Kompas.com - Diperbarui 05/01/2023, 05:43 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mencari tips diet sehat dan anti-gagal karena pernah memiliki pengalaman diet yang tidak sukses di masa lalu.

Padahal, mereka yang gagal diet merasa sudah melakukan segala hal demi target menurunkan berat badan.

Jika Anda termasuk salah satunya, apapun program diet yang dijalani, kunci keberhasilan diet adalah menemukan keseimbangan energi yang tepat untuk ketubuhan pribadi kita.

Jadi, menurut Verywell Fit, meskipun membakar lebih banyak kalori daripada yang kita konsumsi adalah salah satu kunci menurunkan berat badan, faktanya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi energi masuk dan keluar kita setiap harinya. Untuk itu, hal ini sebetulnya lebih rumit daripada yang kita duga.

Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan gagal diet seperti kelaparan, frekuensi makan yang salah, pilihan makanan yang tidak tepat, stres, kurang tidur, dan masih banyak faktor lainnya.

Penting untuk mengevaluasi pola diet kita secara keseluruhan untuk mencari tahu faktor apa yang menyebabkan gagal diet.

Berkonsultasilah dengan ahli gizi untuk mendiskusikan kebutuhan kita ketika memiliki target berat badan, atau ketika Anda mencari tips diet anti-gagal.

Baca juga: 14 Kebiasaan yang Bikin Cepat Kurus

Tips diet anti-gagal yang sehat

Tips diet anti-gagal yang sehat adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari di keseharian kita. Jadi, perubahan sehat kecil yang kita lakukan sehari-hari bisa menjadi tips diet anti-gagal yang mungkin selama ini belum kita terapkan.FREEPIK/YANALYA Tips diet anti-gagal yang sehat adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari di keseharian kita. Jadi, perubahan sehat kecil yang kita lakukan sehari-hari bisa menjadi tips diet anti-gagal yang mungkin selama ini belum kita terapkan.
Berkonsultasi dengan dokter untuk merencanakan diet adalah langkah terbaik agar kita mendapatkan perencanaan yang tepat dan sehat untuk mencapai berat badan ideal.

Namun, jika ingin mencoba mempraktikan tips diet di rumah terlebih dahulu, ahli gizi Andy Yurechko, MS, RD dari Augusta University Medical Center di Georgia, mengatakan kepada Men's Health bahwa para pelaku diet yang sukses menghindari tren diet dan fokus pada praktik pola yang berkelanjutan untuk jangka panjang.

Menurutnya, tips diet anti-gagal yang sehat adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari di keseharian kita.

Jadi, perubahan sehat kecil yang kita lakukan sehari-hari bisa menjadi tips diet anti-gagal yang mungkin selama ini belum kita terapkan.

Poinnya, kata Yurechko, bukanlah melakukan semua perubahan itu dalam satu waktu. Mulailah dari satu perubahan kecil, kemudian tambahkan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya secara bertahap ketika kita sudah semakin siap.

Berikut sejumlah tips diet anti-gagal yang sehat dan dapat kita coba terapkan demi kesuksesan diet jangka panjang:

1. Tentukan target diet yang jelas

Salah satu tips diet anti-gagal adalah membuat perencanaan sehingga semuanya terukur dan kita bisa memantau perkembangannya.UNSPLASH/LILARTSY Salah satu tips diet anti-gagal adalah membuat perencanaan sehingga semuanya terukur dan kita bisa memantau perkembangannya.
Target yang jelas adalah salah satu tips diet utama yang perlu diterapkan agar diet kita terukur.

Cobalah tulis target diet di selembar kertas, buku catatan, atau bahkan mengunggahnya di media sosial. Biarkan target itu tetap di sana untuk selalu mengingatkan kita, terutama di saat kita mau menyerah menjalanan diet.

Misalnya, jika target kita adalah mengejar angka berat badan tertentu, timbang terlebih dahulu berat badan kita sebelum memulai diet. Kemudian, timbang berat badan secara teratur untuk mengetahui perkembangannya.

Menurut sejumlah studi, menimbang berat badan rutin setiap hari bisa meningkatkan keberhasilan upaya diet.

Namun, ingatlah untuk tidak hanya berpatokan pada angka timbangan. Sebab, timbangan tidak bisa membedakan antara lemak dan massa tubuh tanpa lemak, tapi timbangan bisa membantu kita menjaga semuanya tetap terkendali.

Jika sudah membuat perencanaan, pastikan kita memantau perkembangannya secara rutin dan mengevaluasi jika ada target diet yang tidak terpenuhi.

Baca juga: 11 Cara Diet Sehat, Sepele tapi Efektif

2. Minum sebelum makan

Minum air putih sebelum makan adalah salah satu tips diet anti-gagal yang membantu kita mencapai target penurunan berat badan jangka panjang.SHUTTERSTOCK Minum air putih sebelum makan adalah salah satu tips diet anti-gagal yang membantu kita mencapai target penurunan berat badan jangka panjang.
Semua orang harus minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet, memilih cairan yang tepat juga sangat membantu.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com