Kompas.com - 19/10/2021, 11:57 WIB
Cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa bervariasi, termasuk perubahan pola hidup, perawatan kulit di rumah, dan perawatan di klinik kecantikan. FREEPIK/MASTER1305Cara menghilangkan kerutan di bawah mata bisa bervariasi, termasuk perubahan pola hidup, perawatan kulit di rumah, dan perawatan di klinik kecantikan.

KOMPAS.com - Cara menghilangkan kerutan di bawah mata atau menyamarkannya bisa bervariasi, termasuk perubahan pola hidup, perawatan kulit di rumah, dan perawatan di klinik kecantikan.

Kerutan di bawah mata muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya seiring bertambah usia.

Beberapa faktor lain menyebabkan kerutan di bawah mata muncul lebih dini.

Oleh karena itu, mengeliminasi beberapa faktor tersebut dan melakukan sejumlah upaya lain bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan di bawah mata sejak dini.

Baca juga: 17 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kita Lebih Awet Muda

Penyebab kerutan di bawah mata

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan kerutan di bawah mata, penting untuk mengetahui mengapa area wajah tersebut mudah menunjukkan tanda penuaan. Termasuk salah satunya paparan sinar matahari berlebih.Shutterstock Sebelum mencari tahu cara menghilangkan kerutan di bawah mata, penting untuk mengetahui mengapa area wajah tersebut mudah menunjukkan tanda penuaan. Termasuk salah satunya paparan sinar matahari berlebih.
Sebelum mencari tahu cara menghilangkan kerutan di bawah mata, penting untuk mengetahui mengapa area wajah tersebut mudah menunjukkan tanda penuaan, seperti kerutan.

Menurut Healthline, kulit di sekitar mata cenderung lebih awal menunjukkan tanda penuaan karena kulit di area tersebut sangat tipis dan memiliki banyak pembuluh darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa faktor lain yang memicu kemunculan kerutan di bawah mata lebih dini antara lain:

  • Faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari berlebih.
  • Pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok.
  • Melakukan gerakan dan ekspresi berulang, seperti tersenyum dan merengut atau kebiasaan tidur pada satu posisi.
  • Faktor genetik, membuat seseorang punya kecenderungan memiliki kerutan di bawah lebih dini.

Memiliki kerutan di bawah mata adalah hal yang normal seiring bertambahnya usia. Jika kerutan membuat Anda tidak percaya diri, ada beberapa cara mencegah kerutan di bawah mata yang dapat dipraktikkan.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini 4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang dapat dicoba:

1. Latihan wajah untuk mengencangkan kulit

Latihan wajah, seperti yoga wajah, terbukti efektif dalam membantu mengencangkan kulit di area mata, yang pada akhirnya membantu sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.FREEPIK/GPOINTSTUDIO Latihan wajah, seperti yoga wajah, terbukti efektif dalam membantu mengencangkan kulit di area mata, yang pada akhirnya membantu sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.
Latihan wajah tertentu, seperti yoga wajah, terbukti efektif dalam membantu mengencangkan kulit di area mata, yang pada akhirnya membantu sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.