Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 14:44 WIB
Intan Pitaloka,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber eatthis

KOMPAS.com - Diet dengan pembatasan kalori memang bisa membuat seseorang cepat meraih target berat badan. Namun, pembatasan kalori yang agresif berpotensi menurunkan daya tahan tubuh, yang pada akhirnya membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit.

Sebuah studi terbaru para peneliti dari Iran yang diterbitkan dalam American Journal of Translational Research mencoba mengevaluasi apakah pembatasan kalori yang signifikan akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencapai hal ini, tim dokter spesialis gizi dan kesehatan masyarakat yang tergabung di dalamnya mengumpulkan 29 peserta wanita yang kelebihan berat badan, dengan Indeks Massa Tubuh lebih besar dari 30 kg/m² (yang merupakan patokan American Heart Association menganggap obesitas).

Para peneliti membagi peserta wanita tersebut menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen menjalani pengobatan untuk menurunkan berat badan dan mengonsumsi 600 kalori lebih sedikit per hari daripada kebutuhan kalori standar.

Sementara kelompok peserta lainnya diperbolehkan makan dengan bebas.

Baik pada awal percobaan dan setelah kelompok eksperimen kehilangan 10 persen dari berat badan mereka, para peneliti mengukur jumlah limfosit di masing-masing peserta. Limfosit adalah sejenis sel darah putih yang mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang menjalani pembatasan kalori dan pengobatan untuk menurunkan 10 persen berat badan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, kelompok kontrol atau kelompok yang makan dengan bebas dilaporkan tidak menunjukkan perubahan signifikan pada penanda penurunan kekebalan tubuh.

Dari temuan itu, para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan berat badan dengan pendekatan pembatasan kalori mungkin secara independen melemahkan pertahanan tubuh dalam menghadapi virus.

Namun, mereka menilai diperlukan uji klinis lebih lanjut terhadap subjek ini.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Studi menemukan bahwa wanita yang menjalani pembatasan kalori dan pengobatan untuk menurunkan 10 persen berat badan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.UNSPLASH/DIANA POLEKHINA Studi menemukan bahwa wanita yang menjalani pembatasan kalori dan pengobatan untuk menurunkan 10 persen berat badan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, sebelum memulai rencana kesehatan baru, termasuk rencana diet, penting untuk selalu mengonsultasikannya dengan penyedia layanan kesehatan berlisensi.

Perlu ditekankan, penelitian ini seharusnya tidak menyurutkan semangat kita untuk menurunkan berat badan dan mencapai ukuran berat badan yang lebih sehat bagi tubuh.

Namun, pastikan memerhatikan nutrisi dan aktivitas fisik secara seimbang dalam proses penurunan berat badan tersebut. 

Jika memang ingin melakukan pendekatan pembatasan kalori, lebih baik kita makan lebih sedikit kalori daripada membatasi asupannya menjadi sangat rendah.

Sebab, para ahli kesehatan sepakat bahwa diet dengan pembatasan kalori yang agresif daat berpotensi buruk bagi kesehatan dan tidak baik untuk rencana diet jangka panjang.

Baca juga: 3 Cara Menerapkan Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber eatthis
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com