Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2021, 10:59 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Beberapa jenis minuman dikenal sebagai minuman untuk mengecilkan perut, seperti teh hijau, yogurt, dan bahkan air putih.

Namun, apakah mengonsumsi minuman tertentu dapat membantu mengecilkan perut?

Lemak perut adalah salah satu area yang paling sulit dihilangkan. Untuk mengecilkan perut, kita tidak bisa hanya mengonsumsi minuman atau makanan tertentu saja, atau bahkan hanya melakukan satu jenis olahraga saja.

Tidak mungkin hanya untuk menargetkan lemak perut atau lemak di area tubuh tertentu lainnya.

Untuk mengecilkan perut, kita perlu melakukan upaya penurunan berat badan secara umum, yakni mengombinasikan pola makan sehat, olahraga rutin, mengelola stres, hingga tidur cukup.

Namun, beberapa jenis minuman, seperti teh, kopi, dan minuman tinggi protein terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan rasa kenyang, dan menurunkan rasa lapar. Semuanya berkontribusi terhadap penurunan berat badan dan mengecilkan perut.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Minuman untuk mengecilkan perut

Berikut beberapa jenis minuman untuk mengecilkan perut yang bisa dicoba:

  • Teh hijau

Salah satu minuman untuk mengecilkan perut yang populer di masyarakat adalah teh hijau.PEXELS/PIXABAY Salah satu minuman untuk mengecilkan perut yang populer di masyarakat adalah teh hijau.

Salah satu minuman untuk mengecilkan perut yang populer di masyarakat adalah teh hijau.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (04/10/21), sebuah riset menyebutkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan laju metabolisme.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 10 pria sehat, konsumsi ekstrak teh hijau ditemukan dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar sebesar 4 persen.

Sementara pada studi lainnya yang melibatkan 12 pria sehat, ekstrak teh hijau ditemukan dapat meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17 persen, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Kafein dalam teh hijau juga dapat meningkatkan kinerja fisik dengan memobilisasi asam lemak dari jaringan lemak dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi, serta membantu menekan napsu makan dan mempercepat pembakaran kalori melalui proses thermogenesis.

Namun, menurut sebuah artikel yang diterbitkan Mei 2014 di Canadian Pharmacists Journal, sebagian besar penelitian tentang teh hijau dilakukan pada ekstrak teh hijau yang lebih terkonsentrasi, bukan kantong teh hijau yang banyak kita nikmati di rumah.

Selain itu, beberapa penelitian tentang teh hijau tidak menunjukkan adanya peningkatan metabolisme. Jadi, efeknya mungkin juga tergantung pada individu dan bagaimana penelitian dilakukan.

Jadi, meskipun memiliki kualitas pembakar lemak, minum teh hijau saja tidak akan membantu menurunkan berat badan jika tidak dibarengi dengan pola makan sehat dan seimbang.

Baca juga: 6 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

  • Kopi

Kafein adalah substansi yang bertindak sebagai stimulan pada tubuh dan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Secara khusus, kopi juga dapat dicoba sebagai minuman untuk mengecilkan perut.Unsplash/Ante Samarzija Kafein adalah substansi yang bertindak sebagai stimulan pada tubuh dan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Secara khusus, kopi juga dapat dicoba sebagai minuman untuk mengecilkan perut.

Kopi banyak digunakan sebagai minuman untuk meningkatkan energi dan suasana hati.

Ini dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya. Kafein adalah substansi yang bertindak sebagai stimulan pada tubuh dan mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Secara khusus, kopi juga dapat dicoba sebagai minuman untuk mengecilkan perut.

Menurut Healthline, kopi dapat mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Pada sejumlah studi, ditemukan bahwa asupan kafein terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Para peminum kopi juga disebut lebih mudah mempertahankan berat badan mereka.

Studi terhadap 2.600 peserta menemukan bahwa orang-orang yang sukses mempertahnkan berat badannya ternyata mengonsumsi minuman berkafein lebih banyak daripada kelompok kontrol.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, usahakan minum kopi hitam tanpa gula tambahan.

Baca juga: 7 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

  • Teh hitam

Seperti teh hijau, teh hitam juga mengandung komponen yang dapat menstimulasi penurunan berat badan dan bisa menjadi pilihan minuman untuk mengecilkan perut.FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Seperti teh hijau, teh hitam juga mengandung komponen yang dapat menstimulasi penurunan berat badan dan bisa menjadi pilihan minuman untuk mengecilkan perut.

Seperti teh hijau, teh hitam juga mengandung komponen yang dapat menstimulasi penurunan berat badan dan bisa menjadi pilihan minuman untuk mengecilkan perut.

Teh hitam adalah jenis teh yang lebih banyak mengalami oksidasi dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com