Kompas.com - 18/01/2022, 13:28 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Para peneliti di Texas tengah mengembangkan sebuah Vaksin Covid-19 dengan menggunakan metode konvensional yang akan membuat produksi dan distribusi vaksin lebih murah dan mudah.

Dengan ini, negara yang paling terkena dampak pandemi atau negara dengan tingkat inokulasi rendah akan diuntungkan.

Tim yang membuat vaksin ini juga bukan “pemain baru.”

Tim dari Pusat Pengembangan Vaksin Rumah Sakit Anak Texas di Baylor College of Medicine ini sebenarnya telah membuat prototipe vaksin untuk Sars dan Mers sejak 2019 silam.

Kini, vaksin prototipe itu dikembangkan menjadi vaksin Covid baru yang dinamai Corbevax.

Menurut pimpinan tim peneliti, Maria Bottazzi, vaksin yang dikembangkan timnya cukup unik. Pasalnya, tim ini tidak berniat untuk mematenkannya dan akan membiarkan siapapun memproduksinya.

“Hampir semua orang yang dapat membuat vaksin hepatitis B atau memiliki kapasitas untuk memproduksi protein berbasis mikroba seperti bakteri atau ragi, dapat meniru apa yang kami lakukan,” kata Bottazzi.

Berita perkembangan vaksin baru ini hadir di tengah-tengah perang antara vaksin mRNA yang mulai memanas.

Moderna dan National Institutes of Health tengah berselilisih mengenai siapa yang layak diberi penghargaan atas penyebaran vaksin di Amerika.

Di saat yang sama, banyak aktivis yang meminta agar Pfizer dan Moderna membagikan cara untuk memproduksi ulang vaksinnya untuk negara dengan pendapatan rendah yang masih memerlukan vaksin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.