Kompas.com - 08/03/2022, 10:46 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Alpukat merupakan salah satu buah yang enak sekaligus memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Namun, jika tidak disimpan dengan tepat, buah ini bisa menjadi terlalu matang atau membusuk, sehingga tidak dapat lagi dikonsumsi dan justru bisa berkontribusi pada limbah makanan.

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa trik yang dapat kita gunakan untuk memastikan buah alpukat yang kita miliki bisa tetap segar dan bertahan cukup lama.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara menyimpan buah alpukat agar tetap segar dan bisa bertahan lama.

Menyimpan alpukat utuh

Jika kita membeli alpukat yang belum matang, cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan menyimpannya secara utuh dan meletakkannya di meja jauh dari buah dan sayuran lainnya.

Sebab, alpukat mentah biasanya akan bertahan di meja selama empat hingga lima hari.

Tetapi, karena alpukat merupakan buah yang cukup rumit, maka penting untuk memeriksa kematangannya setiap hari.

Biasanya kita dapat mengetahui alpukat sudah matang ketika buah sudah memiliki tekstur yang empuk atau lunak ketika kita menekannya dengan ujung jari, dan warnanya kulitnya terlihat hijau tua hingga lebih sedikit kehitaman.

Apabila alpukat ternyata sudah matang, kita pun dapat menyimpannya di kulkas agar tetap segar selama beberapa hari, tergantung pada tingkat kematangannya.

Perlu diingat, saat kita memasukkan alpukat ke dalam kulkas, sebaiknya simpan di wadah penyimpanan makanan kedap udara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.