Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2023, 17:30 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, ozempic tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial lantaran kemampuannya yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Bahkan, pembawa acara televisi Sharon Osbourne juga secara terang-terangan mengaku menggunakan ozempic untuk membuat tubuhnya langsing dalam beberapa tahun terakhir.

Ozempic sebenarnya merupakan obat bagi penderita diabetes tipe 2 dan mengurangi risiko kejadian kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung.

Namun, obat ini juga memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Gerakan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Lebih Cepat di Usia 40-an

Jadi, tidak heran bila ozempic akhirnya populer, terlebih di kalangan selebritas Hollywood.

Beberapa selebritas lainnya, seperti Amy Schumer dan Chelsea Handler, diketahui pernah menggunakan obat ini untuk menurunkan berat badan.

Bisa mengecilkan perut

Melalui podcast "Club Random" Bill Maher pada 30 Juli 2023, Sharon membagikan efek positif menggunakan ozempic.

Ia pun menyarankan agar orang-orang dengan masalah berat badan yang sering kali gagal menurunkannya untuk mencoba suntikan dari obat ini.

"Bagi saya, beberapa minggu pertama sangat menyiksa karena saya selalu muntah-muntah dan merasa sangat mual," kata wanita berusia 70 tahun itu.

"Tetapi, setelah beberapa kali pemakaian, gejala-gejalanya akan mereda. Jadi, saya terus menggunakan obat tersebut untuk menekan nafsu makannya tanpa rasa mual."

Baca juga: 5 Manfaat Teh Bawang Putih, Turunkan Kolesterol hingga Berat Badan

"Saya sudah berhenti meminumnya untuk sementara waktu. Namun, efeknya bisa membuat perut saya mengecil," terang dia.

Lebih lanjut, Sharon menjelaskan jika ia tidak pernah makan secara berlebihan, tetapi menderita masalah berat badan karena faktor genetik.

Pengalaman pertamanya menggunakan obat penurun berat badan terjadi setelah berjuang melawan kanker usus besar di awal tahun 2000-an.

Sebelumnya, dia membuka diri tentang perjalanan penurunan berat badannya di sebuah episode The Talk UK pada bulan Mei.

Kala itu, Sharon tidak menyebutkan nama obat penurun berat badan yang ia gunakan, namun menggambarkan gejala yang serupa.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Bawang Putih, Turunkan Kolesterol hingga Berat Badan

"Saya meminumnya selama empat bulan dan berat badan saya turun 30 kg, tetapi seperti semuanya, selalu tidak ada resep cepat," ungkap dia.

"Saya sempat sakit selama beberapa bulan. Pada bulan pertama, saya hanya merasa mual. Setiap hari saya merasa mual, perut saya sakit, apa pun itu."

"Ini mungkin juga pengaruh dari masalah mental, terutama ketika dulu saya tumbuh keluarga yang sangat suka camilan tidak sehat seperti keripik dan kue," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com