BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan blibli.com

Hobi Gen Z dari Belanja Online, Olahraga, hingga Traveling

Kompas.com - 09/09/2023, 09:09 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagian besar generasi Z alias Gen Z yang lahir pada periode 1997-2012 sudah mulai memasuki usia dewasa saat ini. Banyak dari mereka pun telah mulai memasuki dunia kerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Oleh karena itu, Gen Z tidak lagi ragu untuk mengeksplorasi banyak hal, termasuk mencoba berbagai hobi.

Menurut laporan “Indonesia Gen Z Report 2022” yang dibuat IDN Research Institute dan Populix, Gen Z punya hobi yang cukup bervariasi. Bahkan, sejumlah kegiatan di dalam rumah turut menjadi hobi yang digemari generasi itu.

Sebagai contoh, menonton TV (72 persen), mendengarkan musik (62 persen), menonton film (53 persen), belanja online (41 persen), memasak (31 persen), bermain video game (20 persen), dan berkebun (8 persen). Preferensi ini terbentuk karena pembatasan aktivitas di luar rumah selama lebih kurang dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Semula, aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan untuk mengisi waktu luang di tengah pembatasan aktivitas. Setelah kebijakan pembatasan dicabut, sebagian Gen Z tetap menggeluti kegiatan itu dan menjadikannya hobi baru.

Baca juga: Tip Belanja Cerdas Saat Gajian

Hobi belanja online, misalnya. Akselerasi dan transformasi digital telah membuat masyarakat semakin nyaman melakukan kegiatan berbasis internet.

Selain itu, kehadiran platform e-commerce yang menawarkan promo belanja, seperti double day (tanggal kembar) atau pay day (gajian) dengan cashback, diskon produk bermerek, hingga gratis ongkos kirim (ongkir) membuat Gen Z semakin bijak dalam mengakomodasi hobi tanpa bikin budget jebol.

Apalagi, dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional 2023, salah satu e-commerce, Blibli, menggelar program Mega Brand Festival 9.9 yang berlangsung mulai Sabtu (9/9/2023) hingga Rabu (13/9/2023).

Dalam program double day kali ini, Blibli memberikan penawaran spesial berupa voucher triple deals. Dengan voucer ini, pelanggan dapat mengaplikasikan tiga voucer sekaligus dalam satu kali transaksi, yaitu diskon brand hingga 90 persen, cashback sampai Rp 999.000, serta pengiriman cepat dan gratis ongkir berkali-kali tanpa minimal belanja.

Olahraga populer

Sebagai generasi yang turut terpapar dampak pandemi, Gen Z menjadi salah satu kalangan yang menyadari signifikansi menjaga kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, sebanyak 90 persen responden memilih olahraga sebagai salah satu pilihan hobi utama.

Menariknya, sebagian besar jenis olahraga yang dipilih justru merupakan kegiatan luar ruangan (outdoor). Bagi Gen Z, olahraga outdoor dinilai lebih minim risiko penularan penyakit ketimbang olahraga dalam ruangan (indoor).

Baca juga: Konten Kreator Merapat! Siap Tukar Tambah Samsung S23 di Blibli!

Adapun lima besar jenis olahraga yang populer dijadikan hobi di kalangan Gen Z adalah jogging sebanyak 43 persen, sepak bola sebanyak 32 persen, bersepeda 23 persen, bulu tangkis 15 persen, dan voli 6 persen.

Bagi yang sedang mencari peralatan olahraga dengan harga terbaik, kamu bisa memanfaatkan voucer cashback sebesar 4 persen dengan nilai maksimal Rp 25.000 pada program Mega Brand Festival 9.9.

Voucer itu berlaku untuk transaksi belanja minimal satu produk di kategori Olahraga dan Aktivitas Luar Ruang di Blibli. Dapatkan penawaran spesial terbaik dari berbagai merek ternama, seperti Asics, Adidas, Nike, NBA Store Indonesia, Puma, dan Saucony.

Gemar traveling

Salah satu hobi yang juga cukup lekat dengan Gen Z adalah traveling. Masih berdasarkan riset yang sama, sebanyak 55 persen Gen Z menaruh minat untuk traveling pada 2022.

Sebagai negara yang dianugerahi bentang alam memukau, maka tak heran, sebanyak 81 responden memilih destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam sebagai preferensi tempat berlibur.

Apalagi, Gen Z merupakan kalangan yang cukup aktif di media sosial. Keindahan lanskap alam bisa jadi salah satu konten yang menarik untuk dibagikan.

Aktivitas traveling lain yang cukup populer di kalangan Gen Z adalah wisata kuliner yang dipilih oleh 66 persen responden. Kemudian, diikuti oleh tur keliling kota (49 persen), budaya (43 persen), dan staycation (40 persen).

Kegemaran Gen Z akan traveling juga dibuktikan oleh riset yang dilakukan oleh perusahaan riset data asal Amerika Serikat, Morning Consult.

Riset tersebut memaparkan bahwa meski masih muda dan tergolong memiliki penghasilan rendah, Gen Z tetap menjadikan traveling sebagai salah satu hobi favorit.

Baca juga: Tak Punya Banyak Uang, Mengapa Gen Z Hobi Travelling?

Diberitakan Kompas.com, Senin (17/4/2023), dalam melakukan traveling, Gen Z tidak menunggu sampai mereka memiliki pekerjaan bergaji tinggi atau tabungan khusus liburan. Mereka bisa menemukan cara untuk tetap memasukkan rencana traveling ke dalam anggaran keuangan.

Khusus untuk penggemar traveling, Blibli pada Mega Brand Festival 9.9 memberikan cashback hingga Rp 500.000 untuk pembelian paket tur dan kebutuhan traveling. Pilihannya pun beragam, mulai dari paket wisata domestik hingga internasional.

Sebagai informasi, penawaran voucher triple deals dari Blibli juga berlaku untuk belanja kebutuhan lain, mulai dari smartphone, tablet, peralatan elektronik rumah tangga, groceries, hingga produk suplemen kesehatan dan kecantikan.

Untuk setiap transaksi belanja selama promo berlangsung, pelanggan juga akan mendapatkan Blibli Tiket Rewards berupa poin. Poin ini dapat dibelanjakan kembali di dalam ekosistem Blibli Tiket yang terdiri dari Blibli, tiket.com, Ranch Market, dan Farmers Market.

Tunggu apa lagi? Yuk, berburu peralatan untuk menunjang hobi kamu di Blibli Mega Brand Festival 9.9.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com