Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Berbagai Sikap Tubuh yang Membuatmu Kurang Menarik

Kompas.com - 17/02/2024, 17:31 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Setiap orang berusaha untuk tampil menarik dan penuh percaya diri. Tentu saja, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapainya. 

Mungkin kamu merasa keren jika mengenakan baju atau sepatu favoritmu, atau merasa cantik sehabis ke salon menata rambut dan melakukan manikur. Beberapa orang menjadi percaya diri setelah olahraga angkat beban, dan seterusnya. 

Namun, sebenarnya ada satu hal yang dapat membantu semua orang tampil dan merasakan mood lebih baik, yakni postur tubuh yang benar. Sebaliknya sikap atau postur yang keliru akan membuatmu tampak kurang menarik.

Baca juga: Tampil Lebih Percaya Diri dengan Postur Tegap

Postur yang membuat kita tampak kurang menarik

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa sikap atau postur yang membuat kita kurang menarik karena terkesan tertutup, tidak bersemangat, atau kaku.

Postur tubuh yang "tertutup" atau membungkuk

Ilustrasi bagaimana cara menghilangkan rasa cemas berlebihan?iStockphoto/PeopleImages Ilustrasi bagaimana cara menghilangkan rasa cemas berlebihan?
Kita sudah tahu bahwa membungkuk itu buruk. Tapi tahukah kamu hal itu bisa membuatmu kurang menarik?

Sebuah studi tahun 2016 dari The Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menemukan bahwa ketika orang-orang yang melakukan kencan kilat dan mengatur postur tubuh yang tegap, pasangannya cenderung ingin bertemu mereka lagi dibandingkan dengan mereka yang berada dalam posisi bungkuk.

Sedangkan postur tubuh yang terbuka didefinisikan sebagai tampilan anggota tubuh yang melebar dan batang tubuh yang memanjang sehingga mengesankan dirinya menerima seseorang. Sebaliknya postur tertutup digambarkan dengan mencondongkan anggota badan dan tubuh ke dalam atau meringkuk.

"Orang yang memasang postur terbuka, 76 persen lebih mungkin mendapat jawaban 'ya' dari pasangan kencan kilatnya," kata penulis studi, Tanya Vacharkulksemsuk. Melakukan perubahan sederhana dari tertutup menjadi terbuka mungkin akan membuatmu lebih sukses dalam kencan.

Baca juga: Postur Tubuh di Foto Profil Pengaruhi Sukses Tidaknya Kencan Online

Berhati-hatilah saat menyilangkan tangan

Ilustrasi pria tampil gaya dengan singletViktor_Gladkov Ilustrasi pria tampil gaya dengan singlet
Menyilangkan tangan adalah sikap lain yang harus dihindari karena termasuk pose tubuh yang tertutup. “Saat tangan disilangkan, itu adalah isyarat bahasa tubuh yang tertutup,” kata Karen Donaldson, pelatih komunikasi selebriti, bahasa tubuh, dan kepercayaan diri. 

“Melipat tangan bisa menandakan beberapa hal berbeda, termasuk ketidaktertarikan, ketegangan, sikap dingin, keengganan untuk mendengarkan, dan kecemasan sosial.”

Tentu saja, ada waktu dan tempat untuk menyilangkan tangan. Misalnya, jika kamu sedang menunggu teman di restoran dan tidak mau berkomunikasi dengan orang asing, ada baiknya menyilangkan tangan untuk menghindari ucapan “halo” yang tidak diinginkan.

Baca juga: Postur Tegak Cepat Menghilangkan Suasana Hati Murung

Hindari pose cemas

Ilustrasi pria sedang lesu saat bekerja.jcomp/ Freepik Ilustrasi pria sedang lesu saat bekerja.
Saat kita merasa cemas atau stres, banyak dari kita cenderung melakukan hal-hal tertentu dengan tubuh kita, seperti berulang kali menyentuh rambut, wajah, atau leher. Namun, rasa cemas ini bisa membuat kita kurang mudah didekati. “Itu adalah sinyal bahwa kamu merasa gugup, cemas, atau takut,” kata Donaldson.

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan arah mata dan posisi tangan. Hindari menatap ke tanah dan memasukkan tangan ke dalam saku. “Bahasa tubuh ini memiliki arti yang beragam,” kata Donaldson. 

"Sebagian besar, kita menyembunyikan tangan saat merasa tidak nyaman, itu adalah sikap menenangkan diri. Ini juga bisa menandakan bahwa kita menyembunyikan sesuatu dan tidak berterus terang kepada orang lain."

Sedangkan pandangan ke bawah juga menyiratkan rasa takut, gugup, atau tidak bersemangat. Sebaliknya memandang ke depan atau sedikit ke atas memberi kesan positif, asal jangan terlalu tinggi yang mebuatmu tampak angkuh.

Baca juga: 10 Kesalahan Saat Berjalan, Bikin Terlihat Tidak Percaya Diri

Atur jarak antara kaki

Ilustrasi perempuan dengan pakaian hitam Ilustrasi perempuan dengan pakaian hitam
Berdiri dengan kaki yang terlalu lebar atau sempit juga memberi kesan kurang baik, yakni antara labil atau menantang. Mengatur kaki selebar bahu akan memberi kesan kokoh dan lebih ramah.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengubah postur tubuh agar tampil lebih menarik dan percaya diri secara keseluruhan. Pertama, berdirilah dengan jarak kaki kurang lebih selebar bahu, kata Jodi R.R. Smith, profesional sumber daya manusia, konsultan etiket, dan pendiri layanan konsultasi etiket Mannersmith Etiquette Consulting. 

Kemudian, istirahatkan tangan di sisi tubuh. “Memegang gelas di tangan kiri memudahkan kamu mempertahankan postur ini,” kata Smith.

Jaga agar bahu sedikit mundur ke belakang, sedangkan dada lebih maju, dengan tatapan mata ke depan. Lalu tersenyumlah saat melakukan kontak mata dengan orang lain. “Sikap tubuh terbuka ini menandakan kamu nyaman, percaya diri, dan siap berinteraksi,” tambahnya.

Baca juga: 8 Bahasa Tubuh yang Menandakan Kita Kurang Percaya Diri

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com