Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empas Rasa Tak Bahagia dengan Menulis Jurnal Bersyukur

Kompas.com - 30/04/2024, 06:10 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menulis jurnal bersyukur (gratitude journal) secara rutin ternyata dapat menjadi salah satu cara menghapuskan rasa tidak bahagia.

Isinya bukan tentang ketidakpuasan kita terhadap kehidupan, melainkan hal-hal yang membuat kita bersyukur, termasuk hal-hal kecil yang dijumpai di kehidupan.

"Buat tulisan tentang hal-hal yang kita syukuri, hal yang sederhana saja pun perlu kita syukuri. Ketika itu dilakukan secara rutin, itu bisa membantu kita menyirnakan rasa tidak bahagia," ujar dokter spesialis kesehatan jiwa dari RSUD Tarakan Jakarta, dr Zulvia Oktanida Syarif, SpKJ, seperti dilansir dari Antara, Senin (29/4/2024).

Baca juga:

Ia menambahkan, kita juga bisa menuliskan pencapaian-pencapaian sederhana, seperti bertemu seseorang yang disenangi atau berhasil melakukan kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan.

Menurut dokter yang akrab disapa Vivi tersebut, menulis jurnal bersyukur dapat membuat kita belajar menerima realitas dan melihat segala persoalan dari sisi positif.

Sehingga, kita akan lebih fokus pada sisi positif, bukan pada sisi negatif dalam kehidupan yang akan membuat kita membandingkan diri dengan orang lain.

Baca juga:

Vivi menambahkan, ketika kita sudah mempraktikkan sikap penerimaan terhadap diri sendiri dan situasi kehidupan yang dialami, kondisi tersebut akan membantu untuk menjadi lebih bahagia.

"Ciptakan bahagiamu sendiri karena setiap orang berhak bahagia dan bahagia itu ternyata segala hal baik yang kita punya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com