Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2024, 12:12 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa bilang kulit berjerawat tidak membutuhkan sunscreen? Faktanya, justru kulit berjerawat sangat memerlukan perlindungan dari sinar matahari.

Ketika sinar matahari langsung menyentuh kulit tanpa perlindungan, minyak atau sebum akan meningkat, membuat kulit semakin berminyak dan berjerawat semakin parah.

Ini yang membuat penggunaan sunscreen menjadi sangat penting, bahkan wajib, bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat.

"Kulit yang tidak terlindungi dapat menghasilkan lebih banyak minyak (sebum) dan menjadi lebih rentan terhadap peradangan. Ketika kulit yang berjerawat terkena radiasi UV, kondisi ini bisa semakin parah," kata Kimiko Hikari Zuhria, Brand Building Wardah Face Care di Press Conference The Launch of Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen: The Real #AcneFighterProtector, Jakarta Pusat, Rabu (29/05/2024).

Selain itu, beberapa perawatan jerawat seperti Retinoid atau Benzoil Peroksida dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.

"Kulit yang menjalani perawatan ini memerlukan perlindungan ekstra dari paparan sinar matahari," tambah Kimiko.

Namun, tidak semua sunscreen cocok untuk kulit berjerawat. Sunscreen dengan bahan yang komedogenik dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat dengan memungkinkan bakteri tumbuh di bawahnya.

Maka dari itu, penting untuk memilih sunscreen yang tepat.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Kesalahan Memakai Sunscreen Berikut

Amanda Rawles dan Kimiko Hikari Zuhria di Press Conference The Launch of Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen: The Real #AcneFighterProtector, Jakarta Pusat, Rabu (29/05/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Amanda Rawles dan Kimiko Hikari Zuhria di Press Conference The Launch of Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen: The Real #AcneFighterProtector, Jakarta Pusat, Rabu (29/05/2024).

Menjawab kebutuhan ini, Wardah menghadirkan Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen: The Real #AcneFighterProtector yang hadir dalam dua varian.

Keduanya adalah Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Moisturizer SPF35 PA+++ dan Wardah UV Shield Sunscreen Serum SPF50 PA+++.

Kedua produk ini dirancang khusus untuk kulit berjerawat dengan kandungan bahan aktif seperti Salicylic Acid, Panthenol & Allantoin, dan Vitamin B3.

"Salicylic Acid membantu mengurangi jerawat dengan membersihkan pori-pori, sementara Panthenol & Allantoin bekerja menenangkan kulit yang meradang," jelas Kimiko.

Vitamin B3 membantu memperbaiki tekstur kulit dan mencerahkan noda bekas jerawat.

Baca juga: Apa Beda Sunscreen dan Sunblock? Jangan Keliru

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com