Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2017, 13:43 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Di balik keharuman aroma sabun dan losion yang melembabkan kulit dapat terkandung bahan kimia yang membahayakan lingkungan. Itu sebabnya kita perlu cermat memilih produk yang aman buat kulit dan lingkungan.

Salah satu kandungan dalam kosmetik yang bisa berdampak negatif pada lingkungan adalah plastik microbeads. Bahan ini sulit diurai di air dan bisa terbawa sampai perairan laut serta dimakan ikan.

Bahan microbeads yang berukuran sangat kecil ini sering dipakai dalam produk scrub wajah dan make up. Sebagian ada yang bisa terlihat oleh mata, tetapi lebih banyak yang ukurannya dalam skala mikro.

Pemerintah Inggris telah mengeluarkan larangan penggunaan microbeads mulai akhir 2017. Beberapa produsen kosmetik secara bertahap mulai meninggalkan microbeads dalam produknya.

Produk perawatan kulit Love Nature dari Oriflame.Kompas.com/Lusia Kus Anna Produk perawatan kulit Love Nature dari Oriflame.
Perusahaan kosmetik asal Swedia, Oriflame, juga meluncurkan rangkaian produk perawatan kulit terbarunya Love Nature yang diklaim aman bagi lingkungan.

Menurut Niclas Palmwusit, Vice President Oriflame for Southeast Asia & Head of Indonesia,  produk dalam seri Love Nature ini aman digunakan manusia dan ramah lingkungan.

"Love Nature hadir sebagai rangkaian perawatan kulit dan rambut dengan formula biodegradable yang meminimalisir dampak negatif pada perairan setelah penggunaan," katanya dalam acara temu media di Jakarta (13/7/2017).

Selain itu, semua produk dalam seri Love Nature ini juga tidak mengandung silikon dan semua produk bilas mengandung butiran eksfolian yang berasal dari bahan alami, bukan microbeads.

"Untuk eksfolian kami memakai biji stroberi dan kulit almond," kata Tussy Anggraini, Product Specialist Oriflame, dalam acara yang sama.

Tussy menjelaskan, microbeads memang dulu banyak dipakai industri kecantikan karena untuk produk massal harganya bisa ditekan. "Bahan ini sulit diurai di air dan bisa dimakan oleh ikan, lalu ikannya dikonsumsi manusia. Ini menjadi rantai masalah," ujarnya.

Ia menambahkan, sejak tahun 2016 seluruh produk scrub tubuh Oriflame sudah tidak menggunakan microbeads.

Love Nature hadir dalam rangkaian produk perawatan tubuh yang terdiri dari sabun, sampo, body lotion, scrub, dan kondisioner, yang memiliki aroma, tekstur dan warna seperti buah-buahan dikombinasikan dengan wangi mint, lavender, lidah buaya, dan chamomile. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com