Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2018, 16:30 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Pameran tahunan industri jam tangan dan perhiasan terbesar di dunia, Baselword harus menghadapi kenyataan pahit. Dilansir dari Hypebeast, Swatch Group memastikan diri tidak akan menghadiri Baselworld tahun 2019.

CEO Swatch, Nick Hayek Jr, mengungkapkan grup pembuat jam tangan asal Swiss itu, mulai tahun 2019 tidak akan menghadiri lagi Baselword.

Kabar itu muncul saat Baselworld mulai kurang diminati, di mana tercatat dalam beberapa tahun terakhir 850 peserta menarik diri.

Swatch Group menarik semua 18 label jam tangannya, termasuk Omega, Breguet, dan Longines dari keikutsertaan di ajang pameran ini.

“Hari ini semuanya menjadi lebih transparan, bergerak cepat, dan seketika. Oleh karena itu, diperlukan ritme dan pendekatan berbeda. Dalam konteks baru ini, pameran tahunan, sebagaimana yang ada saat ini, tidak lagi masuk akal," kata Hayek.

"Ini tidak berarti mereka harus menghilang. Tetapi mereka perlu menemukan diri mereka sendiri, menanggapi dengan tepat situasi saat ini dan menunjukkan lebih banyak dinamisme dan kreativitas," katanya

Dalam keterangan, dia melanjutkan, Grup KIA, yang menyelenggarakan Baselworld, jelas lebih peduli dengan penampakan bangunan barunya--yang kebetulan sebagian besar dibiayai oleh industri jam tangan selama pameran--daripada mencari keberanian untuk membuat kemajuan nyata dan mewujudkan perubahan yang benar dan mendalam.

"Untuk semua alasan ini, Swatch Group telah memutuskan bahwa mulai 2019 dan seterusnya, itu tidak akan lagi hadir di Baselworld," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com