Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gaya Hidup Sehat untuk Atasi Masalah Aliran Darah Tidak Lancar

Kompas.com - 10/07/2023, 11:16 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Aliran darah tidak lancar tidak hanya mengganggu aktivitas kita sehari-hari, tapi juga memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bila tidak segera diatasi, kondisi tersebut dapat memicu gangguan kesehatan serius.

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi aliran darah tidak lancar, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga: 7 Tanda Aliran Darah Tidak Lancar, Kesemutan hingga Sesak Napas 

Gaya hidup sehat untuk atasi aliran darah tidak lancar

Mengadopsi gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh.

Kita dapat memulainya dengan mengatur pola makan sehat yang melibatkan sejumlah makanan tertentu dan pola hidup sehat lainnya.

Berikut gaya hidup yang bisa kita terapkan untuk mengatasi aliran darah tidak lancar, sebagaimana dilansir dari laman Healthline.

1. Rutin olahraga

Salah satu langkah paling efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah rutin olahraga.

Ya, olahraga secara rutin dapat menstimulasi sekaligus melatih otot jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan memiliki jantung yang sehat, secara otomatis sirkulasi darah ke seluruh tubuh juga menjadi lebih optimal.

2. Ketahui cara mengelola stres

Menurut banyak pakar medis, stres sangat berkaitan dengan masalah kesehatan, termasuk sirkulasi darah yang tidak lancar.

Hal ini dikarenakan saat tubuh mengalami stres, maka pembuluh darah menyempit.

Maka dari itu, belajar mengelola stres termasuk cara terbaik untuk memiliki sirkulasi darah yang lebih sehat.

Baca juga: 3 Tips untuk Melancarkan Aliran Darah 

Pijatan di punggung bisa memberikan efek rileksasi sekaligus mengencangkan kulitPexels Pijatan di punggung bisa memberikan efek rileksasi sekaligus mengencangkan kulit

3. Pijat

Pijat tidak hanya memiliki efek relaksasi dan membantu melepaskan stres, tapi juga menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Pada saat bagian tubuh kita dipijat, maka otot dimanipulasi secara efektif untuk melepaskan zat kimia yang disebut endorfin. Zat itu dapat membantu kita merasa lebih nyaman setelah dipijat.

Cara ini secara tidak langsung juga bisa menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan membuat kita terhindari dari gangguan sirkulasi darah seperti pegal-pegal, kram hingga kesemutan.

4. Perhatikan asupan cairan tubuh

Sebagian besar darah terdiri dari kandungan air. Nah, menjaga tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik juga termasuk cara paling mudah untuk mempertahankan atau meningkatkan sirkulasi darah kita.

5. Berhenti merokok

Sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa rokok dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan sistem kardiovaskular.

Pasalnya asap rokok dan sejumlah zat beracun lain yang terkandung di dalamnya dapat mengalir ke darah dan mengganggu sistem peredaran darah.

Baca juga: Berhenti Olahraga 10 Hari Kurangi Aliran Darah ke Otak 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com