Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menurunkan Berat Badan Kucing agar Lebih Sehat dan Panjang Umur

Kompas.com - 21/08/2023, 09:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kucing bisa mengalami kelebihan berat badan (obesitas) sama seperti manusia.

Hal ini tidak hanya membuatnya kesulitan bergerak, namun juga memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, radang sendi (arthritis) hingga penyakit jantung.

Dokter spesialis hewan senior di Schwarzman Animal Medical Center, Dr Carly Fox, DVM, mengatakan, kucing yang mengalami obesitas memiliki risiko kematian 2,8 persen lebih tinggi dibandingkan dengan kucing yang kurus pada usia delapan hingga 12 tahun.

Apabila kucing peliharaan kita termasuk dalam kategori obesitas, maka kita perlu membantunya menurunkan berat badan dengan beberapa perubahan gaya hidup.

Nah, dilansir dari laman Martha Stewart, simak langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan kucing agar lebih sehat dan juga panjang umur.

Baca juga: 5 Kelakuan Aneh Kucing yang Sulit Dimengerti

Mengetahui apakah kucing obesitas

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara menurunkan berat badan kucing, ada baiknya kita mengetahui kategori kucing yang termasuk obesitas.

Menurut dokter spesialis hewan di The Vets, Dr Nicole Savageau, DVM, kisaran berat badan ideal kucing sangat bervariasi tergantung pada ras dan usianya.

Sebagian besar kucing domestik memiliki berat badan antara 7 hingga 10 kg untuk kucing betina dan 8 hingga 12 kg untuk kucing jantan.

"Tetapi, ada beberapa ras kucing, seperti kucing Maine Coon, yang dapat berukuran jauh lebih besar dan masih sangat sehat," terangnya.

Karena kisaran berat badan ideal untuk kucing berbeda-beda, akan lebih mudah untuk mencari tanda-tanda fisik kucing yang obesitas.

"Kita dapat memeriksa apakah kucing obesitas dengan meraba sisi tulang rusuknya," kata dokter spesialis hewan dan pendiri Ultimate Pet Nutrition, Dr Gary Richter, DVM.

"Jika kita tidak dapat merasakan tulang rusuknya tanpa mendorongnya secara signifikan, kemungkinan besar kucing obesitas," jelasnya.

Demikian pula, jika kita sulit merasakan tulang belakangnya, kucing juga mungkin memiliki berat badan yang berlebihan.

Baca juga: Mengapa Kucing Sering Menggigit dan Mengunyah Plastik?

Penyebab kucing obesitas

Kucing dapat mengalami obesitas karena beberapa alasan, tetapi yang paling umum adalah terlalu banyak kalori dan kurang olahraga.

"Metabolisme kucing juga menurun seiring bertambahnya usia, sehingga lebih mudah baginya untuk mengalami kenaikan berat badan, terutama pada usia paruh baya," kata Dr Savageau.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com