Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab Kenaikan Berat Badan yang Tidak Disadari

Kompas.com - 21/08/2023, 12:28 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kenaikan berat badan bisa saja terjadi karena berbagai faktor, seperti makanan, minuman manis atau bahkan karena masalah kesehatan yang belum terdeteksi.

Namun, kenaikan berat badan bisa menjadi menjengkelkan ketika kita tidak tahu penyebabnya.

Selain makanan, hal lain seperti stres atau kurang tidur juga bisa ikut menyumbang dalam kenaikan berat badan, meskipun pola makan tetap yang paling berpengaruh.

Berikut delapan penyebab kenaikan berat badan yang mungkin tidak disadari.

1. Makan terlalu banyak makanan olahan

Ada banyak makanan yang melalui proses olahan yang panjang seperti sereal dengan gula, makanan cepat saji, makanan dengan tambahan gula, pengawet, dan lemak yang tidak baik bagi tubuh.

Makanan yang diolah biasanya memiliki kalori yang banyak tapi kurang nutrisi penting seperti protein dan serat yang membuat perut kenyang.

Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan selama dua minggu dengan 20 orang dengan makan makanan sangat diolah menunjukkan, konsumsi kalori harian mereka 500 kalori lebih tinggi dibanding dengan orang yang mengasup makanan dengan minim olahan.

Baca juga: Bukan karena Makanan, Ini 5 Penyebab Berat Badan Naik Lainnya

2. Makan terlalu banyak gula

Makanan dan minuman manis yang sering kita konsumsi, seperti permen, kue, soda, minuman olahraga, es krim, dan minuman kopi manis dapat dengan mudah memperbesar lingkar pinggang.

Banyak penelitian mengaitkan asupan gula tidak hanya dengan kenaikan berat badan tetapi juga peningkatan risiko kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

3. Kurang bergerak

Tidak aktif bergerak adalah kontributor umum untuk kenaikan berat badan dan penyakit kronis. Bekerja di belakang meja, banyak menonton TV dan memakai gadget adalah aktivitas yang tidak banyak bergerak.

Melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana, seperti berolahraga dan mengurangi waktu duduk, atau berjalan-jalan sebentar setelah makan, dapat membuat perbedaan besar.

Baca juga: Hati-hati, Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Ilustrasi langsingshironosov Ilustrasi langsing

4. Punya masalah medis yang tidak terdiagnosis

Beberapa masalah kesehatan tanpa disadari bisa membuat kita bertambah gemuk, antara lain:

  • Hipotiroidisme: Kondisi ini memengaruhi kelenjar tiroid dan bisa membuat berat badan naik atau susah untuk menurunkan berat badan.
  • Depresi: Kondisi mental ini berhubungan dengan bertambahnya berat badan dan obesitas.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS): PCOS menyebabkan gangguan hormon pada perempuan usia subur. Ini bisa membuat berat badan bertambah dan susah untuk menurunkannya.
  • Gangguan makan berlebihan (Binge eating disorder atau BED): BED merupakan kondisi di mana seseorang makan berlebihan dan tidak bisa terkontrol. Ini bisa membawa masalah pada kesehatan, termasuk kenaikan berat badan.
  • Kondisi lain seperti diabetes dan sindrom Cushing juga berhubungan dengan bertambahnya berat badan. Jadi, penting untuk dapat diagnosis yang benar dari dokter.

Baca juga: 6 Faktor yang Membuat Berat Badan Tiba-tiba Naik

5. Kurang tidur

Istirahat yang cukup memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Selain itu, kurang tidur juga memengaruhi berat badan.

Dalam sebuah penelitian melibatkan 92 perempuan, ditemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi, dan juga tingkat protein visfatin yang lebih tinggi, yaitu protein yang dihasilkan oleh sel lemak.

Dengan demikian, menambah durasi tidur dapat membantu dalam usaha menurunkan berat badan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com