Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Banyak Air Putih Bantu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 30/08/2023, 09:30 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Sering dikatakan, jika kita mencoba menurunkan berat badan, salah satu hal yang harus dilakukan setiap hari adalah minum banyak air putih.

Lalu, saran tersebut datang dengan banyak versi, bahkan ada yang menyebut minum sebanyak 4,5 liter sehari.

Klaim dari pemahaman tersebut adalah, air putih membantu membakar kalori dan mengurangi nafsu makan, yang pada akhirnya akan menurunkan berat badan.

Namun, meskipun kita semua mungkin berharap menurunkan berat badan semudah ini, sayangnya hanya ada sedikit bukti yang mendukung klaim tersebut.

Duane Mellor, Pemimpin Pengobatan dan Nutrisi Berbasis Bukti, Aston Medical School, Aston University menguraikan pandangannya mengenai pemahaman ini.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Bayi Tak Boleh Diberi Air Putih

Mitos 1: air membantu membakar kalori

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan terhadap 14 orang dewasa muda mengungkap, minum 500 ml air putih dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat hingga sekitar 24 persen.

Meskipun hal ini mungkin terdengar hebat, efek ini hanya berlangsung selama satu jam. Dan, ini tidak akan menghasilkan perbedaan yang besar.

Untuk orang dewasa dengan berat badan rata-rata 70 kg, mereka hanya akan menggunakan tambahan 20 kalori - seperempat biskuit - untuk setiap 500 ml air yang mereka minum.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap delapan orang dewasa muda hanya melihat adanya peningkatan pengeluaran energi ketika air yang diminum adalah air dingin. Dengan peningkatan kalori yang dibakar hanya empat persen.

Menurut Duane Mellor, hal ini terjadi mungkin karena tubuh perlu menggunakan lebih banyak energi untuk menaikkan suhu air ke suhu tubuh.

Atau karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk menyaring peningkatan volume cairan melalui ginjal. Dan sekali lagi, efek ini hanya terlihat sekitar satu jam.

Baca juga: Benarkah Rutin Minum Air Putih Ampuh Menghidrasi Kulit? Ini Faktanya..

"Jadi, meskipun secara ilmiah hal ini mungkin saja terjadi, peningkatan bersih kalori yang dibakar sebenarnya sangat kecil," ungkap Duane Mellor.

Sebagai contoh, bahkan jika kita minum 1,5 liter air ekstra per hari, itu akan menghemat lebih sedikit kalori daripada yang kita dapatkan dari sepotong roti.

Perlu juga dicatat, semua penelitian ini dilakukan pada orang dewasa muda yang sehat.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah efek ini juga terlihat pada kelompok lain, seperti orang dewasa paruh baya dan orang dewasa yang lebih tua.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com