Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Koleksi Ayu Dyah Andari dan Putri Zulhas di London Fashion Week

Kompas.com - 06/09/2023, 07:42 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ayu Dyah Andari menjadi salah satu desainer Indonesia yang unjuk gigi di panggung Indonesia Now, London Fashion Week Spring Summer 23/24 pada 18 September mendatang.

Di musim ini, Ayu Dyah Andari akan menampilkan koleksi terbarunya yang bertajuk "Rose and Beyond".

Koleksi anyar itu bercerita tentang hubungan antara perempuan dan semesta yang dituangkan melalui teknik dan motif dan teknik sulaman pada setiap siluet yang dia rancang.

"Rose atau mawar bagi saya adalah bunga yang cantik seperti wanita dan tanaman yang adaptif karena dapat tumbuh di lingkungan berbeda. Bunga mawar juga bukan simbol feminitas, tapi simbol kekuatan."

"Sedangkan beyond atau semesta, saya percaya segala sesuatu di dunia ini dapat terkoneksi jika kita memadukannya dengan harmonis," kata Ayu Dyah Andari dalam konferensi persnya di Jakarta, baru-baru ini.

Koleksi "Rose and Beyond" ini bagi Ayu juga melambangkan metafora seorang wanita yang memiliki kekuatan untuk bisa berdiri dan bertumbuh di mana pun ia berada.

Baca juga: 7 Jenama Lokal Bakal Unjuk Gigi di Panggung London Fashion Week 

Setidaknya ada 11 koleksi yang bakal tampil di panggung London Fashion Week SS 23/24 dan 5 di antaranya merupakan kolaborasi dengan Putri Zulkifli Hasan (Putri Zulhas).

Kata Ayu, sosok Putri Zulhas yang merupakan seorang politikus, entrepreneur, dan mendukung peran perempuan di Tanah Air telah menginspirasinya untuk membuat koleksi tersebut.

"Bentuk kolaborasi ini lebih ke sosok Putri yang menjadi muse bagi saya."

"Kami juga punya kesamaan visi misi, melihat koneksi yang ada dan koleksi ini juga dibuat berdasarkan style dari Putri sendiri yang smart, elegan dan tetap cantik," tambah Ayu.

Berbagai siluet busananya hadir dengan sentuhan desain kolonial khas Eropa yang diadaptasikan dengan nuansa busana muslim ketimuran yang feminin dan sopan.

Untuk siluetnya sendiri dituangkan dalam busana modest ready to wear yang cukup versatile berupa celana palazzo, kulot, inner, hingga outer.

Sedangkan untuk pilihan warnanya, Ayu terinspirasi dari warna favorit Putri yaitu biru.

Detail koleksi Ayu Dyah Andari dan Putri Zulkifli Hasan di London Fashion Week
Dok. Ayu Dyah Andari Detail koleksi Ayu Dyah Andari dan Putri Zulkifli Hasan di London Fashion Week

Di kesempatan yang sama, Putri Zulhas merasa senang dan bangga bisa berkolaborasi dengan Ayu Dyah Andari.

Melihat tren modest fashion di pasar Eropa yang terus bertumbuh dan berkembang, melalui kolaborasi ini pun, keduanya ingin memperlihatkan perempuan di Indonesia bisa membuktikan karyanya bisa eksis di pasar dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com