Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2023, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Meningkatnya minat masyarakat akan layanan kesehatan ke rumah membuat Alodokter menghadirkan layanan terbarunya yang menggabungkan telemedicine dengan kenyamanan perawatan di rumah.

Banyak faktor yang mengakibatkan layanan ke rumah menjadi penting sekarang ini, antara lain meningkatnya kebutuhan diagnosa dan monitoring penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, hingga asma.

Selain itu, masyarakat pun mulai memiliki kesadaran tinggi terhadap deteksi dini masalah kesehatan untuk mencegah keluarnya biaya tak terduga untuk fasilitas dan layanan kesehatan.

"Dengan menghadirkan telemedis ke rumah, kami menjadikan layanan kesehatan lebih mudah diakses, nyaman, dan berpusat pada pasien," kata co-founder dan Presiden direktur Alodokter, Suci Arumsari, dalam keterangan pers.

Baca juga: 4 Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Rutin yang Perlu Diketahui

Adapun layanan ke rumah ini meliputi tes laboratorium dan pemantauan kesehatan.

Tes laboratorium yang tersedia meliputi berbagai tes darah dan tes urine, irigasi telinga, skrining TB pada anak (tes mantoux). Sedangkan pemantuan kesehatan, di antaranya pemeriksaan diabetes, pemeriksaan tipus dan demam berdarah, perawatan nyeri punggung, hingga dokter spesialis ke rumah.

Chief Medical Officer Alomedika, Dr. Louise Hewitt, mengatakan di ekosistem Alodokter memang sudah ada Alomedia yaitu platform khusus dokter, yang memberikan akses luas antara dokter, pasien, dan fasilitas kesehatan.

"Sementara ada banyak kondisi pasien yang seringkali memerlukan perawatan kesehatan ekstra dan pemantauan dari tempat yang mereka anggap aman dan nyaman, yaitu rumah mereka sendiri," kata Louise.

Baca juga: Apa Saja Penyakit Kronis yang Ditanggung BPJS Kesehatan?

Konsultasi dengan dokter spesialis di rumah pastinya semakin dimudahkan karena dapat dilakukan tanpa harus mendatangi fasilitas kesehatan.

Perawat akan datang ke rumah pasien untuk melakukan pemeriksaan, kemudian melaporkan hasilnya kepada dokter spesialis melalui chat Alodokter sehingga dokter dapat menentukan diagnosis secara lebih tepat dan memberikan perawatan yang sesuai.

Suci menambahkan, nantinya layanan Alodokter ke rumah akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasien yang terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com