Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemampuan Bicara Anak Dipengaruhi Kebiasaan Orangtua Main HP

Kompas.com - 20/10/2023, 11:39 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Parents

 

KOMPAS.com - Gawai yang kita miliki kini berisi seluruh dunia kita: pekerjaan, teman-teman, berita, dan juga games. Tak heran jika kita sulit melepaskan diri ketika sudah membukanya.

Walau begitu, orangtua yang memiliki anak usia dini (balita) sebaiknya lebih bijak menggunakan HP saat sedang bersama si kecil. Sebab, kebiasaan orangtua berlama-lama dengan gawai berpengaruh pada perkembangan kemampuan berbicara dan komunikasi anak.

Orangtua yang asik dengan gawainya cenderung kurang memberi perhatian penuh pada anaknya. Padahal, interaksi dua arah antara anak dan orangtuanya akan membantu anak belajar.

Fondasi dari kemampuan bahasa dan berbicara anak di mulai dari rumah sejak bayi. Berbagai riset menunjukkan, ketika orangtua sering mengajak anaknya, bahkan sejak bayi, berbicara, anak akan tumbuh dengan kemampuan verbal yang kuat.

Bahkan gaya berbicara orangtua yang dicadel-cadelkan saat ngobrol dengan anak pun tetap meningkatkan kemampuan bahasa anak, meski mereka butuh lebih banyak terpapar gaya bahasa yang benar.

Baca juga: Kurang Stimulasi dan Interaksi Jadi Pemicu Anak Terlambat Bicara

Saat orangtua terdistraksi, misalnya ketika asik scrolling media sosial, interaksi dengan anak tentu berkurang.

Penelitian lain mengungkap, penggunaan ponsel oleh orangtua berhubungan dengan penurunan kesadaran pada sekitar dan sensitivitas.

Anak-anak juga cenderung kurang belajar kemampuan sosial yang penting, misalnya menatap mata, fokus pada satu orang saat mereka berkomunikasi, dan juga kemampuan merespon. Semua kemampuan ini dibutuhkan untuk perkembangan bahasa di kemudian hari.

Untuk mencegah hal ini, orangtua perlu disiplin dan menahan diri agar tidak terlalu larut dengan gawainya. Ketika sedang menemani anak bermain, matikan notifikasi atau simpan ponsel di ruangan lain. Fokus sepenuhnya pada anak.

Bila orangtua perlu menggunakan ponsel, berikan alasan yang kuat. Misalnya karena harus menjawab pesan penting terkait pekerjaan.

Sementara itu, gawai sebenarnya bisa meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak jika digunakan dengan benar. Misalnya untuk melakukan video call dengan kakek nenek, atau bersama-sama memaikan games edukasi atau membacakan dongeng.

Baca juga: CoComelon Bikin Anak Terlambat Bicara dan Tantrum? Cek Faktanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com