Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diungkap, Pentingnya Hobi untuk Jaga Kesehatan Otak

Kompas.com - 24/10/2023, 15:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber Health

KOMPAS.com - Memiliki hobi bukan hanya cara untuk mengisi waktu, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan kognitif seiring bertambahnya usia.

Penuaan sering kali diukur dan didefinisikan dari penampilan dan perasaan seseorang secara fisik, tetapi kesehatan kognitif juga sama pentingnya.

Dan ternyata, hobi dapat berperan dalam menentukan hal ini.

"Hobi dapat membantu sosialisasi dan melindungi kita dari rasa kesepian, yang telah dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih tinggi," ujar Breyanna Grays, MD, seorang ahli saraf bersertifikat, kepada Health.

"Bersamaan dengan sosialisasi, hobi dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang dan memberikan berbagai manfaat kognitif."

Baca juga: Menekuni Hobi di Masa Tua Optimalkan Kesehatan Otak

Semuanya dimulai dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan atau bermanfaat yang memicu neuron di otak untuk melepaskan zat kimia dopamin.

Pelepasan ini menyebabkan sensasi perasaan senang, yang dapat membuat seseorang ingin mengulangi suatu tindakan berulang kali.

Pengulangan mengubah suatu tindakan menjadi hobi. Dampak kadar dopamin terhadap motivasi untuk mengulangi sesuatu sudah terbukti dengan baik.

Penelitian menunjukkan, neuron dopamin dikenal karena responsnya yang kuat terhadap penghargaan dan peran pentingnya dalam motivasi positif.

Neuron ini juga diketahui mengirimkan sinyal yang terkait dengan pengalaman yang tidak memberi penghargaan seperti peristiwa yang tidak menyenangkan atau mengingatkan.

"Kuncinya adalah melakukan sesuatu yang kita sukai dan melakukannya secara konsisten," ujar Kimberly Johnson Hatchett, MD, seorang ahli saraf bersertifikat.

"Terutama hobi baru karena kita menciptakan koneksi saraf baru dengan mempelajari sesuatu yang baru."

Baca juga: Mencari Ketenangan Diri Lewat Hobi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com