Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 10:28 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendengarkan musik telah lama diakui sebagai cara efektif untuk meredakan stres dan mendorong suasana hati yang lebih positif.

Manfaat Ini bukan hanya pendapat subjektif, tetapi sudah dibuktikan melalui sejumlah penelitian ilmiah.

Salah satu penelitian tentang musik sebagai "alat" pereda stres dibuktikan melalui studi di tahun 2020 yang menunjukkan sejumlah manfaat mendengarkan musik.

Menurut penelitian itu, mendengarkan musik bermanfaat dalam menurunkan detak jantung, kadar kortisol, pelepasan endorfin, mengurangi tingkat stres fisik dan emosional hingga mengurangi gejala yang berhubungan dengan stres.

Baca juga: Mendengarkan Musik Mempertajam Ingatan Lansia 

Manfaat musik sebagai pereda stres

Stres memiliki dampak pada tubuh dengan melepaskan hormon dan senyawa kimia tertentu yang memengaruhi cara kerja otak manusia.

Misalnya ketika kita sedang merasa stres, kondisi itu bisa membuat detak jantung dan tekanan darah meningkat. Tubuh pun memproduksi kortisol. 

Jika paparan kortisol itu terus terjadi dalam jangka panjang, maka tubuh akan terus menerus dalam kondisi "melawan atau lari", dan ini bisa menjadi satu hal yang melelahkan.

Dalam membantu meredakan stres, para peneliti telah menemukan manfaat positif dari kebiasaan mendengarkan musik, termasuk genre musik yang paling efektif.

Meski pun jenis musik seperti klasik lebih sering ditinjau dan dipelajari sebagai pereda stres, namun ada pula beberapa genre musik lain yang punya manfaat serupa.

Baca juga: 3 Manfaat Nonton Konser Musik, Mulai dari Kesehatan Mental hingga Otak 

Ilustrasi mendengarkan musik dapat membuat tidur lebih baik.iStockPhoto/FreshSplash Ilustrasi mendengarkan musik dapat membuat tidur lebih baik.

"Semua genre musik dapat bermanfaat dalam memengaruhi kehidupan seseorang," demikian tertulis dalam hasil penelitian American Music Therapy Association, seperti dikutip Psych Central.

Khususnya pada genre tertentu, beberapa jenis musik rupanya memiliki manfaat dan tujuan berbeda secara individual. Studi itu pun menemukan beberapa genre musik yang dinilai efektif sebagai pereda stres.

  • Musik klasik dikaitkan dengan efek menenangkan dan menyenangkan.
  • Musik rap dapat mendorong kita berpikir kreatif, memantik inspirasi dan motivasi ketika suasana hati sedang memburuk atau menghadapi keadaan yang sulit.
  • Musik heavy metal dapat meningkatkan harga diri dan membantu menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Baca juga: Ayumi Membawa Songket Bergaya Pop Musik ke New York 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com