Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2023, 11:14 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengatur pola makan dapat menjadi kunci untuk mencegah diabetes tipe 2. Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi adalah alpukat.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam The Journal Nutrition, para ahli menemukan hubungan antara konsumsi alpukat dan rendahnya risiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 sendiri merupakan penyakit yang menyerang 10,5 persen populasi orang dewasa di dunia. Lebih dari 50 persen di antaranya masih tidak menyadari mereka mengidap penyakit tersebut.

Penyakit ini sering disebut sebagai "mother disease" karena bisa menyebabkan komplikasi ke berbagai bagian tubuh. Itu sebabnya mencegah penyakit ini sangat dianjurkan.

Baca juga: Ingin Cepat Hamil? Rutin Makan Alpukat Bisa Tingkatkan Kesuburan 

Fakta penelitian alpukat mencegah risiko diabetes tipe 2

Ada satu makanan yang punya manfaat signifikan dalam mencegah risiko diabetes tipe 2, yaitu alpukat.

Alpukat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang menunjukkan khasiatnya dalam membantu proses pengelolaan gula darah.

Hasil studi terhadap 6.814 orang di Amerika Serikat menunjukkan, konsumsi alpukat secara rutin dapat membantu seseorang memiliki gula darah yang normal.

Sejumlah kandungan pada alpukat menunjukkan hubungan yang kuat dan signifikan dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2, termasuk dalam penurunan kadar glukosa puasa serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Bahkan manfaat itu sudah diperhitungkan dengan faktor lain seperti sosiodemografi, perilaku kesehatan, termasuk merokok, konsumsi alkohol dan indeks massa tubuh.

Baca juga: Kulit Pisang dan Alpukat Perlu Dicuci, Ini Alasannya 

Ilustrasi alpukatFreepik Ilustrasi alpukat

Dikutip dari laman Verywell Health, alpukat kaya akan lemak jenuh tunggal, serat, vitamin C, E, K dan B6 serta nutrisi lain seperti riboflavin, niasin, folat, asam pantonenat, magnesium, beta karoten dan asam lemak omega 3.

Tidak seperti buah-buahan lain, alpukat termasuk sebagai buah yang rendah gula. Dalam satu cangkir buah ini hanya memiliki kurang dari 1 gram gula.

Alpukat juga dikatakan kaya akan lemak dan serat sehat, kedua nutrisi ini dikaitkan dengan kontrol glukosa darah yang lebih baik.

Studi terbaru ini pun seolah meyakinkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan efeknya tak cuma menurunkan tingkat kejadian diabetes tipe 2 (bagi orang sehat), tetapi dapat mengontrol gula darah bagi pasien diabetes tipe 2.

Baca juga: Cara Mengetahui Alpukat Matang dengan Pas dan Siap Dinikmati 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com